Afghanistan Dikuasai Taliban, Panglima Tertinggi Amerika Mengundurkan Diri

Afghanistan Dikuasai Taliban, Panglima Tertinggi Amerika Mengundurkan Diri

SEIRING penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan, kelompok Taliban berhasil menguasai beberapa daerah di negara yang tengah dilanda konflik tersebut.

Sebagai simbol, Panglima tertinggi AS, Jenderal Austin “Scott” Miller mengundurkan diri pada Senin (12/7). Penarikan pasukan AS sendiri masih berlangsung hingga 31 Agustus 2021.

Kepala Komando Pusat AS (CENTCOM) Jenderal Frank McKenzie tiba di Kabul pada Senin (12/7) untuk mengambil alih komando pasukan yang tersisa dalam upacara penyerahan.

Menurut Komando Pusat AS, penarikan lebih dari 90 persen pasukan tersebut telah selesai dilaksanakan. Sebagian pasukan telah meninggalkan Afghanistan, di mana kurang dari 1.000 tentara yang tersisa guna melindungi kedutaan dan membantu pengamanan bandara di Kabul.

“Kemarin, hari ini atau besok, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal operasi kami di Afghanistan,” tambah pejabat pertahanan dilansir dari berita Politik RMOL, Senin (12/7).

Sebagai Kepala CENTCOM, McKenzie berwenang atas operasi militer Amerika di Afghanistan dan beberapa negara tetangga lainnya. Ia merencanakan untuk melanjutkan pengawasan dari AS sementara perwira bintang dua Laksamana Muda Peter Vasely membantu mengawasi misi tersebut di lapangan.

McKenzie masih dapat memerintahkan serangan udara terhadap Taliban untuk mendukung pemerintah Afghanistan hingga akhir Agustus mendatang. Namun setelah penarikan selesai, operasi pasukan AS di Afghanistan hanya sebagai pendukung operasi kontra-terorisme melawan Al Qaeda dan ISIS.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: