PPKM Darurat Diperpanjang, Gelontorkan Bansos, hingga Penanganan Kesehatan

PPKM Darurat Diperpanjang, Gelontorkan Bansos, hingga Penanganan Kesehatan

Bantuan lainnya adalah Bansos Tunai 10 juta keluarga dengan besaran manfaat Rp300 ribu/KPM. Untuk periode Mei-Juni akan dibayarkan Juli. Sedangkan bansos tunai usulan pemda sebanyak 5,9 juta KPM.

Pemerintah juga memperpanjang diskon listrik hingga Desember 2021. Tidak hanya itu, ada program prakerja dan bantuan subsidi upah kepada tenaga kerja. Dengan tambahan anggaran Rp10 triliun. Atau setara penambahan 2,8 juta peserta.

Untuk siswa dan tenaga pendidik diberikan perpanjangan subsidi kuota sampai Desember 2021.

\"\"

Pemerintah juga akan mempercepat realisasi BLT Desa dengan sasaran 8 juta keluarga. Dengan manfaat sebanyak Rp309 ribu/bulan selama 12 bulan. Total anggaran tersebut mencapai Rp28, 8 triliun.

Di luar APBN, Sri Mulyani menyampaikan bahwa di APBD sebenarnya terdapat anggaran Rp12,11 triliun untuk perlindungan sosial.

\"\"

Kemudian Rp13,35 triliun untuk pemberdayaan ekonomi. Anggaran ini bisa dipakai untuk UMKM, PKL terdampak dan lainnya. “Kita harap ini bisa segera dicairkan, sehingga bisa dirasakan langsung manfaatnya,” tuturnya.

Sementara khusus UMKM, Sri Mulyani menyinggung bahwa masih ada alokasi Rp3, 6 triliun dapat diberikan kepada 3 juta peserta baru, yang akan mendapatkan bantuan Rp1,2 juta. Dengan target penyaluran Juli-September. (yud)

\"\"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: