Bersama Wujudkan Cirebon Bersih,Lingkungan Bersih Tingkatkan Kualitas Hidup

Bersama Wujudkan Cirebon Bersih,Lingkungan Bersih Tingkatkan Kualitas Hidup

DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, mengajak masyarakat untuk melupakan pentingnya kelestarian lingkungan. Walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir, namun upaya untuk mewujudkan Cirebon sebagai kota yang berketahanan iklim perlu untuk terus dilakukan. Demi terciptanya kualitas lingkungan yang bersih, hijau dan nyaman serta sehat.

Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Surip mengatakan, kualitas lingkungan sebuah tempat tinggal dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup setiap orang.

Di kawasan kumuh dan dipenuhi berbagai macam polusi, masyarakat yang tinggal di daerah tersebut akan selalu diintai oleh beragam resiko penyakit dan juga potensi bencana.
“Kualitas lingkungan yang nyaman akan juga akan meningkatkan produktifitas dan kinerja masyarakat serta kualitas hidupnya,” ungkapnya.

Surip menjelaskan, lingkungan yang nyaman tak hanya dapat dilihat dari aspek lokasi dan kemudahan aksesibilitas, tetapi juga mencakup hal-hal penting lain, seperti kualitas udara, ketersediaan sumber air bersih, terdapat pepohonan rindang, serta pengelolaan sampah yang baik.

Sementara itu dalam rangkaian Lomba RW Bersih, Tim Juri DLH Kota Cirebon melakukan penilaian di 4 RW di Kelurahan Kebon Baru dan Kelurahan Kejaskan. RW 06 Tanda Barat dan RW 02 Syekh Magelung dinilai untuk kategori RW Bersih dengan Bank Sampah. Sementara RW 01 Kebon Baru Utara dan RW 03 Pamitran dinilai untuk kategori RW Bersih non Bank Sampah.

Pihaknya mengaku sangat mengapresiasi upaya masyarakat dalam kegiatan kepedulian lingkungan. Namun ada beberapa catatan yang mesti ditingkatkan. “Dalam lomba RW Bersih ini, kami berharap masyarakat lebih memperhatikan pentingnya keberadaan RTH, keberadaan sumur resapan dan juga kebersihan selokan. Supaya saat terjadi hujan besar, air bisa langsung masuk ke dalam tanah. Sehingga tidak sampai terjadi genangan ataupun banjir,” pungkasnya. (awr/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: