Warga Garut Terpapar Covid-9 Varian Delta

Warga Garut Terpapar Covid-9 Varian Delta

GARUT - Dinas Kesehatan Kabupaten Garut memastikan virus Covid-19 varian delta ditemukan di Kabupaten Garut. Virus varian baru itu diketahui masuk ke Garut berdasarkan hasil laboratorium salah satu pasien Covid-19 yang ditangani di RSUD dr Slamet.

“Dari ribuan kasus, sekarang ditemukan kasus positif dengan virus varian delta,” ujar Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Asep Surahman, kemarin.

Asep menerangkan varian delta sudah banyak menyebar di kota-kota besar, seperti Bandung dan Jakarta. Virus Covid-19 varian baru tersebut mudah menyebar kepada siapa saja, termasuk anak-anak.

“Virus varian delta ini juga bisa membahayakan jika tidak segera ditangani, khususnya bagi mereka yang komorbid. Di beberapa daerah banyak yang meninggal akibat varian delta ini,” terangnya.

Kata dia, penanganan virus varian delta tersebut tidak jauh berbeda dengan penanganan seperti biasanya. Tetapi dirinya mengimbau masyarakat bisa lebih menjaga protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dua lapis.

“Intinya prokes ketat harus dijalankan, seperti penggunaan masker dua lapis, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” terangnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengimbau seluruh masyarakat di Kabupaten Garut untuk menerapkan protokol kesehatan ketat, karena virus Covid-19 varian delta sudah masuk wilayah Garut. “Varian delta ini penyebarannya enam kali lipat dari virus Covid-19 yang belum bermutasi. Jadi harus lebih diantisipasi dengan prokes ketat,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: