Indonesia Ranking Terburuk Ketahanan Covid-19 di Dunia, Peringkat Terakhir!

Indonesia Ranking Terburuk Ketahanan Covid-19 di Dunia, Peringkat Terakhir!

JAKARTA - Indonesia ditempatkan sebagai negara dengan peringkat ketahanan covid 19 terburuk di dunia. Hal itu disampaikan dalam Laporan Bloomberg Covid Resilience Ranking.

Indonesia bahkan tertinggal jauh dari Singapura yang ada di ranking 11. Sementara di peringkat 1 adalah Norwedia, disusul Swiss, New Zealand dan Amerika Serikat.

Norwegia menempati urutan pertama karena berdasarkan vaksinasi Corona tinggi, hampir mencakup setengah dari populasi. Disusul angka kematian COVID-19 yang rendah, dan pembatasan Corona ikut dicabut.

Sementara Swiss dan New Zealand memiliki transparansi data covid-19 yang baik, kualitas layanan kesehatan mumpuni, sehingga berhasil menekan angka kematian.

Bagaimana dengan Indonesia? Ada di peringkat terakhir yakni 53. Ini tidak lain disebabkan angka kematian yang cukup tinggi. Dan beberapa hari terakhir selalu di atas 1.000 setiap harinya.

Tidak hanya itu, cakupan vaksinasi dinilai masih terlalu rendah yakni sekitar 11,9 persen saja.

Dalam Situation Report-65 yang dirilis WHO pada Kamis (29/7/2021), kasus covid-19 di Indonesia menunjukkan penularan yang sangat tinggi di 7 provinsi.

Penularan masuk dalam kategori tinggi, dengan hitungan pembagi per 100 ribu penduduk.

\"Dari 19 hingga 25 Juli, tingkat penularan komunitas tertinggi (CT4) diamati di tujuh provinsi, berbeda dengan enam di
minggu sebelumnya; tingkat penularan yang sangat tinggi per 100.000 penduduk dilaporkan di DKI Jakarta (688,6), DI Yogyakarta (362,9), Kalimantan Timur (248,9), Kalimantan Utara (213,3), Kepulauan Riau (208.1), Papua Barat (198,1) dan Kepulauan Bangka Belitung (178,0),\" tulis WHO dalam laporannya.

WHO pun menyarankan agar pembatasan tetap dilakukan. Warga harus tetap dibiasakan menaati protokol kesehatan yang ketat. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: