Suasana di Dalam Mall Kota Cirebon, yang Ditutup karena PPKM Level 4

Suasana di Dalam Mall Kota Cirebon, yang Ditutup karena PPKM Level 4

CIREBON - Sejak PPKM Darurat pada 3 Juli 2021, aktivitas mall di Kota Cirebon nyaris tutup total. Hanya beberapa supermarket dan tenant makanan atau restoran yang diperbolehkan buka. Praktis, suasana di dalam mall pun sepi. Lengang.

Barangkali, ini adalah pemandangan yang langka. Mall-mall yang ada di Kota Cirebon hampir satu bulan terakhir tutup, setidaknya sampai 2 Agustus 2021. Itu pun bila pemerintah tidak melakukan perpanjangan PPKM Level 4.

Manager Cirebon Super Block (CSB) Mall, Adwin mengatakan, untuk traffic CSB Mall selama PPKM Darurat ataupun Level 3-4 terjadi penurunan.

Dikarenakan pembeliannya didominasi secara online dengan menggunakan ojek online.

Selain itu, Adwin juga mengungkapkan untuk omzet selama pemberlakuan PPKM terjadi penurunan yang signifikan.

“Kalau omzet terjun bebas. Hanya perkiraan dari saya melihat sisi traffic dari daya beli ada penurunan signifikan, kurang lebih 80% penurunannya. Kondisinya memang saat ini seperti itu. Sementara memang solusinya membuka store yang boleh saja, sisanya online,\" ujar Adwin, kepada Radar Cirebon.

Dirinya juga menjelaskan bahwa hingga saat ini untuk pembelian secara online di tenant food and beverage sangat sedikit.

Adwin menduga dikarenakan untuk pengunjung CSB Mall benar-benar mengikuti anjuran pemerintah. Sehingga, Adwin juga mengapresiasi perilaku masyarakat yang menaati aturan pemerintah tersebut.

“Kalau terkait dibukanya kapan, kita sebagai pengelola retail cukup berat sekali untuk menjalankan semuanya. Apalagi semua karyawan bertahan dan tidak ada yang dilakukan PHK. Memang kalau kondisinya masih sama seperti ini, bagi kita sangat berat utamanya bagi perusahaan karena ada karyawan. Meskipun kita PHK, tetap ada biaya yang harus kita keluarkan,\" tutur Adwin.

“Kami mengharapkan agar pandemi Covid-19 segera melandai. Untuk kami tetap mendukung keputusan dari pemerintah agar ada suatu sinergi agar roda perekonomian cepat pulih kembali,” imbuh Adwin. (jrl)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: