Pentas Seni Karawitan Keraton Kacirebonan, Lestarikan Kesenian

Pentas Seni Karawitan Keraton Kacirebonan, Lestarikan Kesenian

CIREBON – Keraton Kacirebonan menggelar Pentas Seni Karawitan. Itu bagian dari upaya melestarikan budaya dan kesenian Cirebon. Berlangsung di ruang Prabayaksa Keraton Kacirebonan, Rabu sore (4/8).

Sultan Kacirebonan IX  Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat didampingi Permaisuri Den Ayu Muthoyaroh Beda Natadiningrat mengungkapkan, pentas digelar dalam rangka menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sekaligus wujud rasa tanggung jawab melestarikan Budaya Cirebon.

\"Pentas Seni Budaya Tahun 2021 ini juga bertujuan dalam upaya membangun generasi yang cinta akan budaya keraton. Dilakukan oleh keluarga Kesultanan Kacirebonan serta anak-anak sekitar Keraton Kacirebonan yang biasa berlatih gamelan di keraton,\" ungkapnya.

Dijelaskan Sultan Kacirebonan, lagu-lagu karawitan yang ditembangkan diantaranya Bayeman, Bayemtur, Monggang dan Wayang Perang.

\"Yang main alat musik gamelan Karawitan ini anak-anak saya, termasuk istri saya (Permaisuri) juga ikut bermain gamelan dan anak-anak warga sekitar lingkungan keraton. Saya berharap dengan adanya Pentas Senin Karawitan ini seni serta budaya Cirebon tidak punah. Dan generasi penerus harus terus melestarikannya,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: