100 Kantong Jenazah Tiba, KPBD Kota Cirebon: Semoga Tidak Terpakai Semua

100 Kantong Jenazah Tiba, KPBD Kota Cirebon: Semoga Tidak Terpakai Semua

CIREBON – Sempat kekurangan kantong jenazah, akhirnya Satgas covid-19 Kota Cirebon mendapatkan bantuan tambahan 100 kantong jenazah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Bantuan kantong jenazah (mayat) dari BNPB diserahterimakan di kantor penanggulangan bencana daerah (KPBD), Kawasan olahraga Bima Kota Cirebon, Jumat pagi (6/8).

\"Alhamdulillah, bantuan kantong jenazah ini datang Kamis malam (5/8). Sebelumnya Kami sudah dua kali meminta bantuan droping kantong jenazah. Tapi, yang dikabulkan baru 10 persen dari BNPB. Kami juga mendapat bantuan berupa masker, hand sanitizer dan APD yang bisa digunakan untuk proses pemulasaran dan pemakaman korban Covid-19,\" ungkap Kepala KPBD Kota Cirebon Khaerul Bahtiar ditemui radarcirebon.com di tempat kerjanya, Jumat (6/8).

Khaerul menyebutkan, bagi warga atau instansi lain yang membutuhkan kantong mayat dan perlengkapan pemulasara atau pemakaman prokes covid-19, bisa berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satgas Covid-19 di tingkat kelurahan, kecamatan masing-masing dan Satgas Covid-19 Kota Cirebon (Pemkot).

\"Kami tidak mungkin melayani permintaan orang per orang. Jadi yang butuh kantong mayat terlebih dahulu koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Cirebon. Yang rutin meminta ke kita itu dari tim pemulasaran covid-19 At-Taqwa. Karena mereka sering mendapat permintaan dari warga untuk mengurusi pemulasaran jenazah prokes covid-19,\" sebutnya.

Khaerul berharap, angka kematian akibat Covid-19 mengalami penurunan, sehingga kantong jenazah dan perlengkapan lainnya yang datang ke kota Cirebon tersebut tidak digunakan terlalu banyak.

\"Semoga saja perlengkapan protokol covid-19 yang datang ini tidak terpakai semua. Artinya, kami mendoakan semoga kematian covid-19 itu terus turun,\" pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Peti mati untuk pemakaman pasien covid 19 di Kota Cirebon habis. Sehingga, mereka yang meninggal dalam kondisi terkonfirmasi di luar rumah sakit, kini hanya dilapisi dengan kantung jenazah.

Bahkan, KPBD Kota Cirebon hanya memiliki sisa 50 kantung mayat. KPBD Kota Cirebon pun sudah menghubungi BPBD provinsi untuk membantu pengadaannya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: