Bahaya Nasal Spray, Jangan Pakai Sembarangan

Bahaya Nasal Spray, Jangan Pakai Sembarangan

 

JAKARTA – Bicara hidung mampet, obat semprot hidung (nasal spray) adalah salah satu solusi yang ditawarkan dunia medis. Semprotan hidung kortikosteroid dapat digunakan untuk meringankan gejala sinusitis, demam, rhinitis alergi dan non-alergi (abadi) rhinitis.

Mereka dapat mengurangi peradangan dan produksi histamin di bagian hidung, dan telah terbukti meredakan hidung tersumbat, pilek, hidung gatal dan bersin.

Namun tahukah Anda, jika penggunan nasal spray ternyata dapat dikaitkan dengan addiction atau ketagihan.hal ini menurut ahli, sangat tergantung dengan jenis spray yang digunakan. 

Menurut Medical News Today, nasal spray addiction tidak benar-benar berarti “ketagihan” dalam artian sebenarnya, 

Akan tetapi penggunaannya dapat merusak bagian internal hidung, jika tidak sesuai aturan lakai. Contohnya seperti pembengkakan  bagian dalam hidung, serta hidung mampet berkepanjangan.

Dalam kasus tertentu, mereka yang sudah masuk dalam tahap kecanduan, tidak memiliki pilihan selain harus melewati proses operasi,  untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan zat yang dikandung spray itu. 

Intinya, bagi anda yang terpaksa harus menggunakan nassal spray, pastikan terlebih dahulu aturan pakai, sebelum menggunakannya.(ruf/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: