SMA Santa Maria 1 Cirebon Rajai Lomba Karya Tulis Ilmiah

SMA Santa Maria 1 Cirebon Rajai Lomba Karya Tulis Ilmiah

CIREBON-SMA Santa Maria 1 Cirebon berhasil menunjukkan keunggulannya dalam bidang akademik. Diajang peringatan hari lingkungan hidup Se-dunia tingkat kota Cirebon tahun 2021 Yang digelar Dinas Lingkungan Hidup, SMA Santa Maria berhasil menempatkan siswanya merajai diajang tersebut sebagai juara lomba karya ilmiah tingkat SMA.

Tidak tanggun-tanggung, dua tim memborong gelar juara, yakni Juara I dan Juara III diajang bergengsi tingkat Kota Cirebon.
Juara 1 lomba Karya tulis ilmiah kategori SMA sederajat ini diraih Clarita Darneshia, Jocelyn Louisa Wijaya dan Nova Nathania Muljohartono dari SMA Santa Maria Kota Cirebon dalam rangka peringatan hari lingkunhan hidup Se-dunia tingkat kota Cirebon tahun 2021. Tidak hanya itu, SMA Santa Maria juga menyabet gelar juara III yang diraih Michael Kevin Candra Aditama, Laurence Benedicta dan Mianda Florentina.

Jocelyn Louisa Wijaya menjelaskan, dirinya bersama Clarita dan Nova Nathania tidak menyangka bisa meraih gelar juara I. dirinya mendaftar dibantu bersama tim dan mencari topik lebih ke eksperimen dan metode survey beberapa responden narasumber. Karya tulis ilmiah mengangkat tema meningkatkan restorasi lingkungan melalui kegiatan intra sekolah Sanggar Veritas.

Buruh waktu bagi Jocelyn, Clarita dan Nova hingga 2 pekan untuk melakukan Brainstorming, hingga sepekan persiapan presentasi melalui zoom meeting.

Garis besarnya dari karya ilmiah kami, kata Jocelyn, memperbaiki lingkungan tidak cukup preventif tapi juga perlu action pemulihan lingkungan. Maka dari itu melalui sanggar veritas bisa contoh dengan melalui aksi restorasi. Saat penyusuan karya ilmiah, dirinya dan tim melakukan Wawancara ke pengelola dan Anggota sanggar veritas, termasuk melakukan survey 44 responden siswa-siswi dari berbagai jenjang SD, SMP dan SMA.

“Sebenarnya sanggar veritas perannya cukup besar membangun kesadaran dalam restorasi lingkungan,” ujarnya.
Pemulihan lingkungan, kata Jocelyn sebenarnya lebih penting, karena bisa menanggulangi kerusakan sekarang dan mencegah kerusakan di masa yang akan datang.

Sementara itu Juara 3 lomba karya tulis Ilmiah diraih Michael Kevin Candra Aditama, Laurence Benedicta, Mianda Florentina. Michael Kevin Candra Aditama mewakili teman temannya menjelaskan, dirinta meembutuhkan persiapan selama dua pekan, termasuk melakukan survey respondennya 72 orang.

Dalam karya tulis ilmiah ini, Michael, Laurence dan Mianda memiliki topic Tentang media sosial sebagai sarana untuk mendongkrak kesadaran konservasi air. Dirinya selama ini berselancar di sosmes jarang ada postingan yang peduli air, tahunya air itu keluar dari Kran tapi tidak pernah tahu proses awal, makanya perlu hemat air.
Apalagi Air tanah di Cirebon saat ini sudah terkena interusi air laut, dan itu perlu kepedualian kita semua termasuk menggugah kesadaran menjaga kelestarian air mealui sosial media.

“Respondennya kami ambil melalui sosmed. Dan Mereka sadar air itu berharga, tapi belum diterapkan secara baik memggunakan air secara hemat,” ujarnya.
Sementara itu Kepala sekolah SMA Santa Maria 1 Cirebon, Ongko Sumedi mengapresiasi dan bangga SMA Santa Maria 1 Cirebon bisa memeriahkan Hari Jadi kota Cirebon ke 652 melalui lomba karya tulis ilmiah, dan SMA Santa Maria bisa peduli lingkungan hidup dan sebagai bentuk partisipasi sekolah mewarnai hari kota Cirebon.
Karya tulis ini, masih kata Ongko, Salah satu kegiatan wajib siswa sebagai Salah satu syarat kelulusan, sebelum lulus mereka membuat karya ilmiah dan mesti memaparkan hasil karya tulis sebagai syarat utama kelulusan pengganti UN (ujian nasional).

“Kebetulan mereka semua ini kelas XII, dengan kata lain ini bagian dari pemanasan mereka nanti membuat karya tulis ilmiah secara individu tidak berkelompok,” pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: