WhatsApp Punya Fitur Baru, Mudahkan Transfer Riwayat Chat Antar- Platform

WhatsApp Punya Fitur Baru, Mudahkan Transfer Riwayat Chat Antar- Platform

JAKARTA – Platform instant messaging WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru bagi pengguna mereka.

Kali ini, untuk memudahkan pengguna beralih dari satu platform ke platform lain, WhatsApp memperbarui fitur transfer riwayat obrolan.

Fitur ini diklaim penyedia aplikasi perpesanan instan populer itu sebagai salah satu fitur yang paling dinantikan oleh pengguna.

Baca juga: 4 Tanda WhatsApp Anda Diblok

Fitur dimaksud adalah cara mudah untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka ketika beralih ke tipe telepon dan sistem operasi lain.

Berbeda dari beberapa kompetitor yang menggunakan perpesanan berbasis cloud, semua pesan WhatsApp pribadi anda terenkripsi end-to-end secara otomatis dan tersimpan di perangkat penggunanya.

Artinya, untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp ke platform lain diperlukan mekanisme tambahan dari WhatsApp, sistem operasi, serta produsen perangkat guna memastikan transfer riwayat obrolan tetap aman dan terjaga.

Bersama dengan para pengembang sistem operasi dan produsen seluler terbesar di dunia, WhatsApp yang kini dimiliki Facebook mewujudkan hal itu.

WhatsApp akan memperkenalkan kemampuan untuk memindahkan seluruh riwayat obrolan WhatsApp pengguna, termasuk pesan suara, foto, dan percakapan, dengan cara yang mudah dan aman, tanpa harus mengirimkan informasi ke cloud, ketika pengguna memilih untuk beralih ke sistem operasi telepon yang berbeda.

Fitur ini akan tersedia bagi pengguna Android dan sistem operasi seluler lain semisal iOS dari Apple sehingga memungkinkan pengguna untuk beralih antar-platform dan membawa riwayat obrolan WhatsApp mereka. Manajer Produk WhatsApp Sandeep Paruchuri mengatakan, pesan WhatsApp pengguna adalah milik pengguna.

Baca juga: Kecanggihan Windows 11, Bisa Jalankan Aplikasi Android

“Itu sebabnya mereka disimpan di ponsel Anda secara otomatis, bukan di cloud seperti layanan perpesanan lainnya,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (14/8).

Dia melanjutkan, WhatsApp senang, karena untuk kali pertama dapat membantu pengguna memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka dengan aman dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya.

“Fitur Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak dinantikan oleh pengguna kami selama bertahun-tahun dan kami bekerja sama dengan sistem operasi dan produsen perangkat untuk mewujudkannya,” lanjut Sandeep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: