Ingat! Ganjil Genap Kota Cirebon Mulai Berlaku Hari Ini

Ingat! Ganjil Genap Kota Cirebon Mulai Berlaku Hari Ini

CIREBON – Penerapan ganjil genap mulai berlaku hari ini (16/8). Hingga Minggu malam (15/8), Dinas Perhubungan Kota Cirebon terus mempersiapkan rambu-rambu tambahan dan penunjuk arah yang akan dipasang di lokasi.

Dikonfirmasi radarcirebon.com, Kadishub Kota Cirebon Andi Armawan mengatakan, pihaknya sedang membuat sebanyak 51 rambu tambahan.

\"\"

\"Ya mas, saat ini kita sedang persiapan membuat rambu-rambu sesuai dengan arahan petunjuk pak Sekda dan Pak Kapolres hasil evaluasi 2 hari uji coba. Yang kita buat sebanyak 51 rambu  dengan rinciannya 22 untuk kawasan genap ganjil, kemudian 25 rambu penunjuk rambu genap ganjil dan rambu petunjuk putar balik atau U-turn sebanyak 4 rambu,\" katanya.

Mantan Kasatpol PP ini menyebutkan, rambu-rambu tersebut dibuat untuk mencegah terjadinya kemacetan.

\"Dari 51 rambu ini akan dipasang di titik-titik hasil evaluasi hari Sabtu (14/8) kemarin. Yang paling menjadi fokus adalah di perempatan Jl Cipto, Jl RA Kartini, Jl DR Wahidin dan Jl Tuparev (Kedawung). Jadi nanti teknisnya, rambu penunjuk ini akan diletakkan di dekat pintu-pintu masuk atau pintu pembatasan kota.  Rambu penunjuk atau pemberitahuan kawasan genap-ganjil ini akan dipasang 50 M sebelum pintu masuk setinggi 3 m. Jadi diharapkan pengemudi sepeda motor dan mobil pribadi khususnya yang masuk dalam ketentuan ganjil-genap ini akan dapat membaca terlebih dulu, sehingga nantinya tidak ada kemacetan,\" sebutnya.

Selain rambu, Andi menuturkan, pihaknya juga sudah memperbaiki traffic light maupun rambu lainnya.

\"Khusus di simpang Jl Kartini, Jl Cipto dan Jl Wahidin, tadi sore (15/8) sudah dilakukan perbaikan-perbaikan rambu-rambu atau lampu lalu lintas dengan mengubah durasinya salah satunya dikurangi dan satu lagi ditambah sehingga tidak terjadi antara satu lintasan dan lintasan lainnya tidak terjadi titik temu di tengah hingga menyebabkan terjadi kemacetan. Mudah-mudahan besok (16/8) tidak terjadi lagi kemacetan seperti yang terjadi pada saat uji coba selama dua hari kemarin,\" pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Mulyadi kepada radarcirebon.com mengatakan, uji coba penerapan ganjil genap di Kota Cirebon dinilai sudah bagus.

\"Tadi (14/8) hasil tinjau, penerapan uji coba ganjil genap sudah bagus, lalulintas mengalir dan terkendali. Beberapa ruas jalan di dalam Kota Cirebon masih cukup landai. Nah, evaluasi kami pertama bagaimana terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, yang kedua perlunya penambahan rambu-rambu di lokasi, supaya masyarakat jarak 100 meter dari titik ganjil genap bisa mengetahui,\" katanya.

Agus berharap, seluruh masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya dapat mengetahui bahwa ganjil genap tersebut akan diterapkan hari Senin (16/8).

\"Tujuan kita adalah untuk terus menekan peningkatan bertambahnya angka Covid-19 di Kota Cirebon bisa tercapai. Sekali lagi kami mohon maaf kepada masyarakat merasa terganggu adanya penerapan ganjil genap ini, tapi ini adalah bagian dari ikhtiar kita dalam menekan angka kasus Covid-19 dan ekonomi masih bisa tumbuh dan berkembang,\" ujarnya.

Masih kata Sekda, jadwal atau jam penerapan ganjil genap di Kota Cirebon tidak berubah.

\"Apa yang sudah kita sepakati bersama bahwa penerapan ganjil genap di Kota Cirebon dimulai pukul 07.00 hingg 17.00 WIB di delapan titik pintu masuk dan pusat keramaian Kota Cirebon,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: