Workshop Kurikulum Prodi Teknik Sipil UGJ

Workshop Kurikulum Prodi Teknik Sipil UGJ

CIREBON- Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon belum lama ini menyelenggarakan workshop kurikulum dengan tema Penyusunan Kurikulum Program Studi Teknik Sipil dan Strategi Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dekan Fakultas Teknik UGJ, H Fathur Rohman ST MT mengatakan workshop ini diselenggarakan dalam rangka implementasi hibah program kerjasama kurikulum dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021. 

Workshop yang diselenggarakan pada Rabu 4 Agustus 2021 itu diikuti kurang lebih 200 peserta dan disiarkan melalui platform zoom meeting dan live YouTube. Para peserta workshop terdiri dari Tim Penyusun Kurikulum Prodi Teknik Sipil FT UGJ, akademisi dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, mahasiswa, serta stakeholder atau pengguna dari kedinasan maupun industri.

“Workshop konsepnya hybrid antara daring dan luring, di mana tim penyusun dan panitia melaksanakan secara luring bertempat di Hotel Zamrud dengan menerapkan prokes yang tinggi, sedangkan peserta melaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan live YouTube,” bebernya.

Fathur Rohman menyampaikan, pentingnya pemahaman kurikulum bagi dosen dan semua jajaran tenaga kependidikan lainnya. Adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, maka program studi dalam suatu perguruan tinggi perlu menyiapkan kurikulum yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Dia menambahkan dengan adanya kegiatan workshop tersebut diharapkan dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan kapasitas tim pengembang kurikulum prodi Teknik Sipil dalam mendukung program MBKM serta memperjelas dan mengimplementasikan kurikulum MBKM.

Acara terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama adalah pemaparan publik dari narasumber kepada seluruh peserta, sesi kedua adalah diskusi internal antara tim penyusun kurikulum Prodi Teknik Sipil UGJ dengan narasumber, dan sesi ketiga adalah diskusi dan proses penyusunan kurikulum yang dilakukan Tim Penyusun Kurikulum Prodi Teknik Sipil UGJ.

Pada acara workshop tersebut, Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UGJ mengundang narasumber dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) yaitu Dr Eng Ir Muhammad Isran Ramli yang merupakan salah satu dosen di Universitas Hasanudin (Unhas) dan saat ini menjabat sebagai Koordinator Bidang Pendidikan Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI).

Dr Eng Ir Muhammad Isran Ramli dalam pemaparannya menjelaskan,bahwa penyusunan kurikulum program studi teknik sipil harus didasarkan pada capaian lulusan dan kebutuhan pasar. BMPTTSSI, kata Isran, telah merumuskan kurikulum minimal yang sebaiknya dipenuhi oleh setiap program studi teknik sipil di seluruh Indonesia. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: