Peringati Hari Jadi Jabar, Sekda: Momentum Refleksi Semua Tingkatan

Peringati Hari Jadi Jabar, Sekda: Momentum Refleksi Semua Tingkatan

CIREBON – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperingati Hari Jadi ke-76 Provinsi Jabar, Kamis (19/8). Turut hadir secara virtual untuk memperingati HUT Jabar tersebut, Sekda Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi bersama Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, Komisi I DPRD, Ketua PKK, perwakilan Forkopimda dan Kabag Prokompim Setda Kota Cirebon.

Usai secara virtual di Ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon, Sekda Agus Mulyadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan apresiasi dalam penanganan pandemui Covid-19 dan beberapa prestasi Jawa Barat. Momentum kegiatan yang dilakukan Pemprov juga dinilai sama dengan yang sudah dilakukan kota Cirebon pada 10 Agustus lalu.

“Peringatan hari jadi menjadi momentum refleksi untuk semua tingkatan. Kemarin Kota Cirebon sudah, sekarang Jawa Barat. Selisih 2 hari dari Kemerdekaan RI. Ini tanggal 19 Agustus,” tutur Agus Mulyadi.

Dirinya juga menegaskan beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemrpov juga dijabarkan, utamanya dalam sisi peningkatan kualitas dibandingkan dari 76 tahun lalu saat diterapkan dari pertumbuhan ekonomi maupun penanganan Covid-19.

“Jawa Barat dari segi testing, tracing dan treatmen menjadi yang terdepan di Jabar. Dari segi vaksinasi juga sekarang sudah melakukan upaya akselerasi. Dari 50 ribu per hari sudah menjadi 200 ribu per hari. Secara rekapitulasi se-Jawa Barat,” terang Sekda.

“Penyediaan isoter, pelaksanaan pemberian obat-vitamin. Membuka telekonsultasi. Dan beberapa memang yang menjadi inovasi dari provinsi untuk penanganan pandemi Covid-19. Memang dari sisi pertumbuhan ekonomi juga positif meskipun kurang optimal,” tambah Gusmul -sapaan akrab Sekda-.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa Kota Cirebon masih menjadi bagian dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. “Jadi kami ucapkan selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-76. Semoga Jabar menjadi provinsi juara lahir dan batin,” imbuh Gusmul.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan HUT ke-76 Jabar dirayakan dengan penuh khidmat di tengah situasi pandemi Covid-19. “Namun di masa pandemi ini, sejumlah indikator menunjukkan perbaikan,” ungkap Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sudah mencapai 72,09 atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 72,03.

Selain itu pertumbuhan ekonomi juga sudah terlihat dan mencapai 6,13 persen. Angka ini merupakan indikasi terjadinya pemulihan ekonomi setelah 4 bulan terkontraksi akibat dampak pandemi Covid-19. (jerrell)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: