New Zealand Baru Ngeh, saat Lockdown Virus Tetap Menyebar

New Zealand Baru Ngeh, saat Lockdown Virus Tetap Menyebar

WELLINGTON - New Zealand mempelajari pengalaman New South Wales terhadap covid 19. Sekalipun lockdown dilakukan, virus dapat terus menyebar.

Seperti diketahui, New Zealand saat ini tengah mengalami lonjakan kasus virus corona. Kendati tingkat infeksi tidak seperti di Indonesia.

Menurut The Strait Times, negara itu hanya mencatatkan 2.600 kasus covid-19, dengan 26 kematian. Sukses New Zealand kerap menjadi inspirasi bagi negara lain dalam pengendalian infeksi juga kesiapan fasilitas kesehatan.

Namun New Zealand belakangan melaporkan 21 kasus baru Corona pada Sabtu (21/8/2021).

Karenanya, kasus wabah COVID-19 varian Delta sudah mencapai 51 orang. Dari total tersebut, 21 kasus baru yang dilaporkan adalah 18 orang yang terinfeksi di kota terbesar Selandia Baru, Auckland, dan tiga kasus lainnya di ibu kota Wellington.

Perdana Menteri Jacinda Ardern langsung menerapkan lockdown di negara berpenduduk 5,1 juta orang pada hari Selasa kemarin ketika wabah meluas dengan cepat, khususnya di dua kota utama.

Wabah diyakini berasal dari seorang pelancong dari Sydney, di ibu kota New South Wales hingga akhirnya menyebar dengan cepat di sana. Padahal, sebelumnya sudah bebas COVID-19 dan hidup tanpa pembatasan termasuk tanpa menggunakan masker.

Sayangnya, New Zealand terhitung lambat dalam melakukan vaksinasi warganya. Sampai saat ini, baru 19 persen yang sudah disuntik vaksin. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: