Tutug Oncom Masakan asal Sunda Berkhasiat dan Harga Bersahabat

Tutug Oncom Masakan asal Sunda Berkhasiat dan Harga Bersahabat

MASAKAN asal tatar Sunda, yakni Tutug Oncom  hadir di Kota Cirebon. Salah satu Tutug Oncom yang favorit dan diburu pecinta kuliner adalah Tutug Uncom “Si Menak” di Jalan Perumnas, Harjamukti Kota Cirebon.

Pemilik Warung Nasi Tutug Oncom, Atang mengaku, memang makanan yang dibuatnya ini terdiri dari nasi “tumbuk” oncom yang biasanya ditemani telur dadar, ayam, sambal terasi atau hijau, hingga lalapan.

“Ini sudah turun temurun. Saya menggunakan berabgai rempah-rempah yang jadinya membuat cita rasa yang khas. Nasinya juga hangat, baru dicampurkan dengan rempah seperti kunyit, bawang, dan sebagainya,” tutur Atang.

Atang juga menjelaskan bahwa bumbu-bumbu rempah yang digunakan tersebut ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan dari konsumen yang memakan. Utamanya adalah kencur yang dapat membuat tubuh menjadi hangat. Apalagi jika dimakan pagi-pagi hingga malam hari.

“Buka dari jam 6 pagi sampai 9 malam. Jadi memang banyak yang datang karena bermanfaat bagi tubuhnya. Menyehatkan. Masyarakat juga banyak yang suka karena harganya murah. Banyak orang menggelar acara bahkan rumah sakit sering pesan di saya,” ujar pria yang telah berjualan selama 13 tahun tersebut.

Untuk harga, Nasi Tutug Oncom dijual dengan harga Rp7000. Apabila meminta tambahan telur dadar bisa Rp9000. Paling mahal adalah menu Nasi Tutug Oncom dengan ayam sebesar Rp12.000.

Selain itu, hal yang unik adalah bahan-bahan yang digunakan oleh Atang hampir seluruhnya berasal dari Tasikmalaya. Kecuali sambal terasi dalam olahan Nasi Tutug Oncomnya menggunakan terasi khas Cirebon.

Bahkan, kata Atang, meskipun di Tasikmalaya banyak penjual Nasi Tutug Oncom menggunakan terasi khas Kota Udang ini. “Oncom dan bahan-bahan lain dikirim langsung dari Tasik, tetapi terasinya beli langsung di Cirebon. Karena itu yang paling enak,” tutup Atang.

Sekedar informasi, Nasi Tutug Oncom merupakan hidangan nasi yang dicampurkan dengan oncom atau kacang tanah fermentasi dan merupakan makanan khas tataran Sunda yang enak dan memiliki harga yang bersahabat. (jerrell)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: