Lab Swasta di Kota Cirebon Siap Turunkan Harga Tes PCR

Lab Swasta di Kota Cirebon Siap Turunkan Harga Tes PCR

PRESIDEN Joko Widodo yang menurunkan harga tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) dan antigen yang dilanjutkan dengan keputusan Kementerian Kesehatan disambut positif oleh jaringan laboratorium nasional Intibios Lab, yang salah satunya memiliki cabang di Kota Cirebon.

Kebijakan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan cakupan tes dan pengumpulan data di tingkat daerah hingga nasional.

“Kami siap menyesuaikan harga layanan tes PCR dan antigen sesuai keputusan Presiden Jokowi. Selain berharap ada kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga elemen-elemen barang yang dibutuhkan dalam tes, kami juga akan mendorong efisiensi dalam hal-hal operasional di luar pembelian barang,” kata Direktur Utama Intibios Lab Rio Abdurrachman.

Rio menambahkan, kebijakan penyesuaian harga tes ini merupakan hadiah dalam suasana peringatan HUT 17 Agustus tahun ini.  “Tes PCR dan antigen memang perlu dibuat mudah dan murah, sehingga masyarakat tergerak berpartisipasi. Dengan partisipasi tes yang tinggi, data yang terkumpul akan bermanfaat bagi pemerintah daerah dan nasional dalam mengambil keputusan,” ujarnya.

Sekadar informasi bahwa, Intibios Lab adalah jaringan laboratorium nasional yang fokus pada tes usap PCR, antigen, dan tes serologi yang bermanfaat dalam tes dan pelacakan (tracing) Covid-19. Jaringan ini digagas oleh mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga kesehatan.

Saat ini, Intibios Lab telah memiliki 19 cabang di 10 kabupaten/kota dan sudah masuk dalam 742 laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan. Untuk memudahkan masyarakat melakukan tes, Intibios Lab juga menyediakan layanan drive thru di cabang-cabang di Jakarta, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Batu, dan Surabaya.

Rio menambahkan, dengan kebijakan baru ini harga layanan di Intibios Lab ditetapkan Rp135.000 untuk tes usap antigen, Rp490.000 untuk tes usap PCR di Pulau Jawa dan Bali, serta Rp525.000 untuk tes usap PCR di Lampung.

“Kami akan segera berkoordinasi untuk melakukan langkah-langkah efisiensi di internal perusahaan dan ini berlaku untuk semua cabang di Indonesia. Sejak awal didirikan, Intibios Lab merupakan ikhtiar kemanusiaan dan kami mendukung penuh kebijakan ini agar pandemi bisa segera diatasi,” pungkas Rio. (jerrell)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: