Ajak Beradaptasi Hadapi Pandemi, Ridwan Kamil Luncurkan CAP Jabar

Ajak Beradaptasi Hadapi Pandemi, Ridwan Kamil Luncurkan CAP Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memandang pandemi Covid-19 menuntut masyarakat menjadi generasi tangguh.

Masyarakat jangan mudah menyerah dan move on hingga tetap produktif di tengah pembatasan akibat pandemi. Oleh karena itu masyarakat harus pintar beradaptasi.

Hal ini dikatakan Ridwan Kamil dalam acara launching Curated Amazing Product of Jabar: Creative Media Award 2021 di Gedung Pakuan, Kota Bandung (28/8).

\"Jadi, marilah kita menjadi contoh pada masyarakat bahwa kita adalah kelompok yang mau beradaptasi dan tangguh dan lulus dari yang namanya COVID-19,\" katanya.

Menurut Gubernur, salah satu yang bisa menjadi peluang adalah di bidang ekonomi kreatif khususnya di bidang digital. Selama pandemi ekonomi digital di Jawa Barat naik 40 persen.

\"Salah satu yang harus terus kita tunjukkan kalau di Jawa Barat ekonomi kreatif ini terus membaik, salah satunya dengan hadirnya institusi kreasi Jabar yang merupakan komite untuk ekonomi kreatif dan invoasi di Jawa Barat,\" kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

\"Kita mendapati karya-karya multimedia, konten kreasi itu justru naik karena orang banyak mengonsumsi hiburan, media sosial bahkan ekonomi digital kita naik 40 persen selama COVID-19,\" tambahnya.

Makanya, atas dasar itu, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) meluncurkan Curated Amazing Product (CAP) di bidang kreatif.

CAP adalah kegiatan kurasi produk yang akan meningkatkan kualitas dan pemasaran produk ekonomi kreatif (ekraf) karya anak- anak Jawa Barat.

Dari 17 subsektor ekraf, CAP tahun ini mengurasi film, animasi dan video, fotografi, penerbitan, periklanan, televisi dan radio.

CAP bertujuan memberikan stimulus  bagi pengembangan ide dan kreativitas para pelaku ekraf dalam rangka pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, serta mendukung eksistensi ekraf Jawa Barat di kancah nasional dan internasional.

Kang Emil mengharapkan, dengan platform ini  bisa melahirkan konten dan produk membanggakan.

Dalam CAP Jabar bertindak sebagai dewan juri Putri Tanjung staf khusus Presiden RI, Dicky Sukmana Co-Founder Panenmaya, dan Anto MotulzCCO Kreavi.

Putri Tanjung yakin karya-karya terbaik dari pelaku ekonomi kreatif di Jabar, baik dari sisi story telling, jurnalistik, kampanye kreatif, mampu  menjadi pengungkit berbagai subsektor ekonomi kreatif lain yang aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: