Keren, Pecinta Aquascape Cirebon Unjuk Kebolehan

Keren, Pecinta Aquascape Cirebon Unjuk Kebolehan

CIREBON - Pecinta Aquascape Cirebon (PAC) menggelar mini kontes Aquascape atau seni menata ekosistem air di akuarium, Minggu (29/8).

Kontes tersebut berlangsung di Kampung Sidamulya, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon dan diikuti sebanyak 20 orang pencipta Aquascape atau Scaper se-Ciayumajakuning.

\"Ya Alhamdulillah kontes Aquascape hari ini mendapat tanggapan antusias dari para Scaper. Tercatat sebanya 20 scaper yang ikut kontes hari ini,\" ujar Pepen selaku ketua panitia kontes kepada radarcirebon.com, Minggu (29/8).

Pepen menyebutkan, pelaksanaan kontes Aquascape tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

\"Jadi tujuan utama dari kontes ini untuk menyatukan dan mempererat tali silaturahmi para pencinta Aquascape atau Scaper se-Ciayumajakuning. Dan juga bertukar informasi seputar Aquascape dengan sesama Scaper,\" sebutnya didampingi anggota panitia lainnya.

Aquascpae tidak hanya menata batu dan tanaman, namun juga membutuhkan seni dan keahlian.

Aquascape tidak hanya memiliki nilai seni, namun juga nilai ekonomi atau nilai jual yang tinggi.

Karena itu, kreativitas dalam bidang aquascape tidak hanya sebagai hobi saja, namun bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Pepen, Aquascape merupakan seni mendekorasi miniatur pemandangan alam dalam akuarium.

\"Dalam Aquascape ini tak hanya sekadar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan, atau kayu-kayuan, melainkan juga menuntut estetika seni, ketelatenan, dan kesabaran yang tinggi,\" ujarnya.

Pepen berharap seni Aquascape tersebut dapat lebih dikenal masyarakat luas.

\"Kontes ini juga sebagai bentuk kita memperkenalkan masyarakat awam yang masih banyak belum tahu apa itu aquascape, makanya dengan adanya event mini kontes ini harapannya masyarakat luas tahu aquascape itu seperti apa karena itu tidak hanya melihat, tetapi belajar bagaimana merawat menumbuhkan dalam suatu ekosistem akuarium,\" pungkasnya.

Sementara pantauan radarcirebon.com di lokasi kontes, panitia memberikan waktu selama 3 jam kepada peserta lomba untuk mendekorasi dalam aquarium mereka agar terlihat lebih menarik dan menjadi juara. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: