Tahun Depan Orang Kaya Harus Bayar Sendiri Buat Vaksin Covid-19, Ini Alasan Pemerintah

Tahun Depan Orang Kaya Harus Bayar Sendiri Buat Vaksin Covid-19, Ini Alasan Pemerintah

JAKARTA - Orang kaya dan kelas menengah di Indonesia, tahun depan tak bisa lagi dapat vaksin covid 19 gratis. Pemerintah membuka opsi vaksinasi berbayar.

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sedikitnya terdapat 52 juta orang yang sudah mapan secara ekonomi atau kelas menengah. Jumlah mereka diperkirakan bakal bertambah menjadi 100 juta tahun depan.

Sebab, pertumbuhan di golongan ini lebih cepat dibandingkan kelompok lainnya. \"Tahun depan nggak mau lagi kita memvaksin orang menengah ke atas yang jumlahnya mungkin lebih dari 100 juta itu,\" kata Luhut.

Pernyataan itu disampaikan Menko Marves saat berbicara di Forum Nasional Kemandirian dan Ketahanan Industri Alat Kesehatan, yang disiarkan melalui YouTube Farmalkes TV.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga sudah membeberkan rencana vaksinasi mandiri atau berbayar.

Rencana vaksin berbayar itu akan dijalankan mulai tahun depan dan akan diberlakukan untuk masyarakat yang mampu alias orang kaya demi mempercepat program vaksinasi COVID-19.

Hal itu diungkapkan Sri Mulyani saat memaparkan Tanggapan Pemerintah terhadap Pandangan Umum Fraksi atas RUU APBN 2022 beserta Nota Keuangannya.

Vaksinasi mandiri ini diharapkan dapat membantu mempercepat kekebalan komunitas. Termasuk bagi mereka yang sulit mendapatkan akses vaksinasi seperti ekspatriat yang tinggal di tanah air. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: