Hore! Vaksin Merah Putih Akhir Tahun 2021 Bisa Uji Klinik Tahap 1, Atau…

Hore! Vaksin Merah Putih Akhir Tahun 2021 Bisa Uji Klinik Tahap 1, Atau…

JAKARTA – Akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 merupakan target uji klinik fase 1 vaksin Merah Putih yang dikembangkan Eijkman bersama PT Bio Farma.

“Kita harapkan uji kliniknya bisa mulai akhir tahun ini, atau awal tahun depan. Sehingga pertengahan tahun depan bisa mendapat izin penggunaan darurat,” kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio di Jakarta, Jumat (3/9) yang dikutip dari FIN.

Eijkman sudah melakukan tahap penelitian dan pengembangan bibit vaksin tersebut. Saat ini sedang dilakukan tahap transisi dari penelitian dan pengembangan di laboratorium ke industri.

“Kita melakukan optimasi, scalling up dan peningkatan yield atau produktivitasnya,” beber Amin.

Setelah itu, dilanjutkan ke uji praklinik pada hewan. Uji pada hewan itu diharapkan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan. Sehingga bisa diteruskan ke uji klinik fase 1 hingga fase 3.

Dalam kondisi pandemi, uji klinik fase 1, 2 dan 3 bisa dilakukan secara paralel. Artinya, fase 2 bisa dimulai tanpa menunggu fase 1 selesai semua.

Apabila hasilnya terlihat bagus di pertengahan fase 1, maka fase 2 bisa mulai. Begitu juga pertengahan fase 2, tahapan fase 3 sudah bisa dimulai. Kalau hasilnya bagus, bisa diberikan izin penggunaan darurat,” pungkasnya. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: