Qualcomm Kenalkan Platform Drone 5G Super Canggih, Ini Spesifikasinya

Qualcomm Kenalkan Platform Drone 5G Super Canggih, Ini Spesifikasinya

JAKARTA - Qualcomm resmi memperkenalkan platform drone pertama di dunia yang membawa kemampuan 5G serta dukungan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Platform tersebut Qualcomm Flight RB5 5G.

Qualcomm Flight RB5 5G Platformsendiri secara teknis ditenagai oleh prosesor Qualcomm QRB5165.

Platform inj dibuat dengan teknologi Internet of Things (IoT) terbaru Qualcomm Technologies yang memberikan solusi yang akan menghasilkan drone 5G generasi berikutnya yang berkinerja tinggi namun hemat daya.

Qualcomm Flight RB5 5G menghadirkan kemampuan mutakhir bagi industri drone dengan menyatukan beberapa teknologi kompleks dalam satu sistem yang terintegrasi untuk mendukung aplikasi.

Platform drone ini juga bisa digunakan untuk industri film dan hiburan, keamanan dan respon darurat, pengiriman, pertahanan, pemeriksaan dan pemetaan.

“Kami terus bekerja sama dengan banyak perusahaan drone terkemuka, memungkinkan 200 lebih robotika global dan anggota ekosistem drone, disaat yang sama secara konsisten mendorong dan mempromosikan standarisasi drone di seluruh dunia dan kemampuan 5G transformatif dalam organisasi seperti 3GPP, GSMA, Global UTM Alliance, Aerial Connectivity Joint Initiative (ACJA), dan ASTM,” ungkap Dev Singh, Senior Director, Business Development and General Manager of Autonomous Robotics, Drones and Intelligent Machines, Qualcomm Technologies, Inc.

Terobosan lainnya juga ada di sektor kameranya dan disebut dapat menghadirkan kinerja gambar yang premium. Dengan konektivitas 5G dan Wifi 6, platform ini meningkatkan kemampuan terbang di luar garis pandang atau beyond visual line-of-sight (BVLOS) untuk mendukung penerbangan yang lebih aman dan andal.

Qualcomm Flight RB5 5G dilengkapi dengan Qualcomm Secure Processing Unit untuk mendukung permintaan drone modern akan perlindungan keamanan siber sebagai pendukung utama persyaratan perlindungan data dan keselamatan.

Desain referensi drone dari Qualcomm Flight RB5 5G saat ini tersedia untuk pre-sale melalui Modal AI.

Nantinya, perangkat pengembangan Qualcomm Flight RB5 5G diharapkan akan tersedia pada kuartal empat tahun 2021. (jawapos)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: