Kota Cirebon PPKM Level 3, Kunjungan Wisata Keraton Kasepuhan Mulai Menggeliat

Kota Cirebon PPKM Level 3, Kunjungan Wisata Keraton Kasepuhan Mulai Menggeliat

CIREBON - Kunjungan wisata ke Keraton Kasepuhan, mulai menggeliat setelah Kota Cirebon masuk dalam daerah yang menerapkan PPKM Level 3. Peningkatan pengunjung terjadi pada akhir pekan.

Dari pantauan radarcirebon.com, nampak pengunjung yang datang tidak hanya dari wilayah Cirebon. Sebagian dari luar kota juga sudah mulai berdatangan.

Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) Cirebon, Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat mengatakan, wisata Keraton Kasepuhan memang sudah dibuka sejak 25 Agustus 2021. Mengacu pada Surat Edaran Walikota Cirebon.

Namun, ketika itu Kota Cirebon masih ada di PPKM Level 4. Sehingga jumlah kunjungan masih sepi.

\"Sekarang ini, sudah banyak peningkatan. Apalagi setelah masuk ke Level 3, semakin meningkat terutama di akhir pekan,\" ujar Alexandra, kepada radarcirebon.com.

\"Untuk di hari biasa, masih sepi. Tetapi secara keseluruhan masih belum kembali normal,\" ungkapnya.

\"\"

Kata Alexandra, jumlah kunjungan tertinggi pada akhir pekan terjadi tanggal 29, Agustus 2021, mencapai 100-an wisatawan.

Dia juga mengakui, wisatawan dari luar kota sudah mulai berdatangan. Tetapi untuk paket-paket wisata sekarang ini masih belum ada order.

\"Kami mengikuti anjuran pemerintah, dengan ketentuan seperti yang diatur oleh SE Walikota Cirebon,\" tuturnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Tegal, Bayu mengaku, senang bisa kembali berwisata. Apalagi, baru kali ini bisa ngajak keluarga jalan-jalan.

\"Tidak hanya ke mall dan kafe. Ini warisan budaya yang harus dikenalkan ke anak-anak. Baru kali ini ke Keraton Kasepuhan,\" ungkapnya.

Menurut dia, Keraton Kasepuhan masih terjaga dengan baik, bersih dan rapih. Sehingga layak untuk menjadi destinasi wisata. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: