Ada Fenomena Aneh di RSLI Surabaya, Pasien Covid-19 CT Esktrem, Dikhawatirkan Ada Varian Baru

Ada Fenomena Aneh di RSLI Surabaya, Pasien Covid-19 CT Esktrem, Dikhawatirkan Ada Varian Baru

SURABAYA - Ada fenomena aneh pada pasien covid 19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Ditemukan CT hanya 1,8, dikhawatirkan ini merupakan ciri-ciri dari varian baru.

Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama dr Ahmad Samsulhadi mengatakan hasil CT Value yang sangat rendah, berada di angka 1,8, dikhawatirkan hal itu merupakan tanda-tanda infeksi Covid-19 mutasi baru.

\"Karena kami menemukan nilai CT value 1,8 pada satu pasien,\" kata Samsulhadi, seperti dilansir CNN, Kamis (9/9/2021).

CT Value merupakan angka yang menunjukkan jumlah virus terdeteksi dalam pemeriksaan PCR. Juga sangat tergantung pada pengambilan swab. Juga virus yang terdapat pada sampel ketika dilakukan swab.

Namun tidak dijadikan acuan sebagai penentu viral load pada pasien. Sedangkan untuk mendeteksi varian, dilakukan dengan tes whole genome sequencing (WGS).

Usai menemukan hasil yang rendah, tim pun mengulang tes usap metode PCR ke pasien tersebut hingga 12 hari yang bersangkutan dirawat.

Seperti yang baru dirilis WHO, belakangan terdapat mutasi baru covid-19 yaitu varian Mu yang termasuk Varian of Interest (VoI), sekarang ini perkembangannya sudah melanda di lebih 39 negara.

Kendati demikian, belum diketahui apakah varian ini sudah masuk ke Indonesia atau belum. Mengingat pemeriksaan varian memerlukan WGS. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: