Emas Bertahan Di Dekat Level Terendah Dua Pekan

Emas Bertahan Di Dekat Level Terendah Dua Pekan

HARGA emas bertahan di dekat posisi terendah dua minggu, Kamis, tertekan apresiasi dolar AS, sementara investor menunggu keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan dirilis hari ini.

Harga emas di pasar spot melemah tipis 0,06 persen menjadi USD 1.788,19 per ounce pada pukul 08.48 WIB, setelah menyentuh level terendah sejak 26 Agustus di USD 1.781,30 pada sesi sebelumnya, demikian dikutip dari laporan  Reuters, Kamis (9/9/2021).

Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat turun 0,25 persen menjadi USD 1.789,10 per ounce.

Dolar didukung sentimen risiko yang hati-hati, mengurangi daya tarik emas bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

Keputusan kebijakan ECB akan diumumkan pada pukul 18.45 WIB, dan diperkirakan mengambil langkah kecil menuju pelonggaran bantuan ekonomi darurat era pandemi sambil tetap memberi sinyal dukungan untuk tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, beberapa pembuat kebijakan Federal Reserve, Rabu, mengisyaratkan bahwa bank sentral AS tetap di jalur untuk memangkas pembelian aset besar-besarannya tahun ini, meski perlambatan pertumbuhan lapangan kerja terlihat pada Agustus dan dampak lonjakan kasus Covid-19.

Emas yang tidak memberikan imbal hasil cenderung menguat di lingkungan suku bunga yang rendah, sementara beberapa investor juga memandang logam kuning itu sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi yang dapat mengikuti langkah-langkah stimulus.

Ekonomi Amerika “sedikit turun” pada Agustus karena gelombang baru virus corona menghantam restoran, perjalanan, dan pariwisata, The Fed melaporkan Rabu.

Dewan Investasi Platinum Dunia (WPIC), Kamis, mengatakan bahwa mereka sekarang memperkirakan pasar platinum global akan mengalami surplus tahun ini karena pasokan tambang meningkat dan permintaan investasi turun.

Platinum turun 0,4 persen menjadi USD 975,78 per ounce sementara perak berkurang 0,1 persen menjadi USD 23,94.

Palladium melemah 0,2 persen menjadi USD 2.245,89. Palladium jatuh ke level terendah sejak 2 Februari di USD 2.213,95 pada sesi Rabu. (fin)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: