Komunitas Selam di Cirebon

Komunitas Selam di Cirebon

Sejak zaman dahulu hingga kini, diving atau menyelam telah menjadi kegiatan yang populer di seluruh dunia. Bukan hanya sekedar hobi, namun diving sudah menjadi olahraga prestasi, dan bahkan untuk memfasilitasi pekerjaan professional di bawah air.

Di Cirebon sendiri, ada sebuah club atau komunitas Diving atau selam yang telah lama berdiri yaitu, Sarwajala Diving Club. Club atau komunitas ini telah berdiri sejak tahun 2013. Dan Pendiri dari Sarwajala Diving Club ini ialah Danlanal. Sejak berdiri hingga sekarang Komunitas atau club ini telah memiliki 30 anggota tetap, dan 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sarwajala Diving Club merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan banyak kegiatan mengenai diving. Terutama untuk mengembangkan selam kepada peserta sebagai olahraga prestasi, selam Rekreasi , dan juga selam Survai. Selain itu, komunitas ini juga memberikan pengetahuan mengenai teknik selam kerja underwater, memfasilitasi para profesional kerja diving agar terlatih dalam pekerjaan pada saat di bawah air, dan juga untuk SAR dalam bawah air.

Lokasi kegiatan Sarwajala Diving Club ini yakni, berada di Kolam renang Bima Cirebon. Namun selain itu, kegiatan komunitas ini juga berada di situs

  KRI Gadjah mada-408 laut Cirebon.

Selama kurang lebih 8 tahun berdiri, komunitas ini sudah banyak berkolaborasi dengan banyak pihak. Beberapa Di antaranya adalah kolaborasi dengan Provinsi Jawa Barat, Selam Indonesia, Pertamina, Bahkan CMAS Italia. Dalam berkolaborasi dengan Provinsi Jawa Barat, Sarwajala Diving Club ini mengikuti event Selam Laut dan Kolam. Dan pada CMAS Italia sebagai pusat sertifikasi Licensi anggota komunitas. Sarwajala Diving Club juga turut berpartisipasi dengan SAR dalam pencarian dan pertolongan kecelakaan laut pada tahun 2020. Selain itu, Sarwajala Diving Club juga turut berprestasi dalam Kejuaraan Nasional Selam Indonesia.

Pelatih Selam Sarwajala Diving Club dari Lanal Cirebon Peltu Bek Nurhayatmengungkapkan bahwa selama ini banyak sekali suka dan duka yang telah banyak di lewati selama berdiri nya komunitas ini. Ia mengungkapkan selama kegiatan tak jarang berhadapan dengan cuaca yang kurang mendukung.

“Saya dan para anggota sangat senang saat mendapatkan prestasi di olahraga Selam ini. Ia juga menambahkan bahwa selain mendapatkan prestasi Ia dan para anggota juga sangat bergembira saat para anggota di terima menjadi peselam kerja professional di seluruh wilayah indonesia,” kata Nurhayat.

Untuk mengikuti komunitas Sarwajala Diving Club, Nurhayat selaku pendiri komunitasinimengatakanbahwaopenrecruitmentdiadakandalambeberapatahap,“Untuk reqruitment pertama yaitu daftar, lalu registrasi, melaksanakan kursus, dan kemudian Diklat Senam”,ujarnya

Pada akhir perbincangan, Nurhayat berharap semoga Sarwajala Diving Club ini dapat bermanfaat dan juga di berdayakan. “Semoga Sarwajala Diving Club ini

bisa bermanfaat dan juga di berdayakan untuk kepentingan pribadi, keluarga, club, Bangsa dan Negara,” tutupnya. (Jerrell/dheva)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: