Mulai Pekan Depan 15 Hp Android tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail, Ini Daftarnya

Mulai Pekan Depan 15 Hp Android tak Bisa Buka Youtube hingga Gmail, Ini Daftarnya

JAKARTA - Handphone (hp) dengan sistem operasi Android 2.3.7 ke bawah tidak bisa lagi mengakses layanan google.

Itu setelah Google mengumumkan menghentikan dukungan pada seluruh layanannya yang dipasang di HP Android 2.3.7 ke bawah.

Itu artinya, HP Android tersebut tidak bisa lagi mengakses layanan Google, seperti Youtube, Maps, hingga Gmail.

Menurut Google, kebijakan itu diambil demi melindungi keamanan akun pengguna. Sebab, sistem operasi Android lama berpotensi memiliki kerentanan yang belum ditambal.

Dengan tidak lagi mendapat dukungan Google, maka pengguna hp dengan OS lama yang ingin masuk ke layanan Google akan ada kesalahan nama dan password. Penarikan dukungan Google tersebut akan dimulai pada pekan depan.

\"Jika perangkat masuk setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google,\" bunyi pernyataan Google.

Bagi pemilik Android lama yang tetap pengin mengakses layanan Google, disarankan untuk secepatnya melakukan pembaruan sistem operasi (OS), seperti Android 3.0 ke atas.

Sistem operasi Android 2.3.7 sudah berjalan hampir 10 tahun, dan penggunanya pun sudah mulai berkurang seiring hadirnya perangkat dengan sistem operasi yang lebih anyar. (support/rdo/jpnn)

Baca juga:

Berikut adalah beberapa HP yang masih menjalankan OS Gingerbread 2.3.7:

Sony Xperia Advance

Sony Xperia U

Sony Xperia ion

Sony Xperia Sola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: