Pemakaman Belanda di Cigugur, Ada Makam Noni Magdalena hingga Van Beck, Siapa Mereka?

Pemakaman Belanda di Cigugur, Ada Makam Noni Magdalena hingga Van Beck, Siapa Mereka?

KUNINGAN - Terdapat 5 buah makam tak jauh dari tikungan Cigugur mengarah ke Palutungan, Kabupaten Kuningan. Salah satunya milik Van Beck. Kemudian Magdalena, sosok noni Belanda yang masih misterius.

Menurut informasi warga setempat, situs makam tersebut diperkirakan dulunya adalah pemakaman warga Belanda yang meninggal di Kuningan.

Selain makam Van Beck yang dibuat megah dan berada di pingir jalan, terdapat dua maka lain yakni Magdalena dan Lumantow yang meninggal tahun 1930.

Tetapi, tidak diketahui siapa mereka. Hanya informasi mengenai Van Beck yang tersedia. Diduga, sosok ini dulunya adalah seorang kapten Belanda..

Dia ditugaskan Karisidenan Cirebon di Kabupaten Kuningan. Dibangun pada tahun 1912, makam Van Beck tersebut telah ditetapkan sebagai situs bersejarah di bawah pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Sementara di bagian dalam makam, terlihat kondisinya sudah tak terawat. Bahkan beberapa tembok bangunan sudah mengalami rusak dan ambrol ditambah ceceran sampah plastik mengotori sudut makam.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: