FAKN Dorong Ketahanan Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

FAKN Dorong Ketahanan Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

SUMEDANG - Festival Adat Kerajaan Nusantara I (FAKN) 2021 dengan tuan rumah penyelenggara Kabupaten Sumedang resmi dibuka.

Perhelatan akbar para raja-raja se-Nusantara ini dibuka Ketua DPD RI La Nyala Mahmud Mataliti ditandai dengan pemukulan Gong dan penyerahan Keris Rahiyang Medang Gumilang di pelataran Gedung Negara Sumedang, Rabu, (29/9/2021).

Ketua Pelaksana Rd.Lily Djamhur melaporkan, acara FAKN merupakan kerja bareng Pemerintah Kabupaten Sumedang, Keraton Sumedang Larang (KSL), Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI.

Baca juga:

Acara ini digelar di Keraton Sumedang Larang dari tanggal 28 sampai tanggal 30 September 2021 mendatang yang dihadiri para raja dan permaisuri dari 44 Kerajaan se- Nusantara yang masih eksis di Indonesia.

Ia menyebutkan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,  FAKN I digelar secara terbatas hanya berupa acara inti diantaranya Royal Dinner, Opening Ceremony, Musyawarah Madya dan penutupan.

 “Acara FAKN kali ini hanya akan menyelenggarakan acara inti saja dan dilaksanakan secara terbatas dengan  menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Lily.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: