Kapal perang Inggris Patroli di Selat Taiwan

Kapal perang Inggris Patroli di Selat Taiwan

INGGRIS akhirnya mengikuti jejak sekutunya. Pada Senin (27/9), mereka mengirimkan kapal perang melewati Selat Taiwan. Langkah itu menjadi simbol penting terkait dengan sikap Inggris mengenai kedaulatan Taiwan.

Kapal yang ditugaskan Inggris adalah HMS Richmond. Kapal tersebut melakukan perjalanan rute Jepang–Vietnam dengan melalui perairan yang menghubungkan Taiwan dengan Tiongkok. ”Inggris berkomitmen mendukung keamanan di Indo-Pasifik. Pengerahan (kapal, red) merupakan wujud dari komitmen tersebut,” ungkap Kementerian Pertahanan Inggris menurut The Guardian.

Inggris kali terakhir mengirimkan kapal perang ke Selat Taiwan pada 2008. Pada 2019, satu kapal pemerintah Inggris, HMS Enterprise, memang pernah melalui rute tersebut. Namun, kapal tersebut merupakan kapal survei.

Negara yang paling sering menunjukkan kekuatan militer lautnya di selat tersebut adalah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam selalu melakukan operasi kebebasan bernavigasi dengan mengarungi Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan. Aksi itu memancing amarah Tiongkok yang menganggap Taiwan dan perairan sekitar sebagai wilayah kedaulatan mereka.

Namun, langkah AS itu diikuti beberapa negara lainnya. Sebelum Inggris, pemerintah Kanada, Prancis, dan Australia melakukan pelayaran serupa.

”Kami melakukan pelayaran sesuai dengan hukum internasional,” kata Kementerian Pertahanan.

Jubir Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying terkesan mengelak saat dimintai tanggapan. Dia menuturkan bahwa setiap negara diharapkan membangun kepercayaan dan keamanan perdamaian regional.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng menjelaskan, pihaknya mendeteksi bahwa ada kapal militer yang melewati selat mereka. Namun, kapal tersebut tidak menunjukkan identitas mereka. ”Kami hanya mengawasi tanpa melakukan intervensi,” jelasnya. (bil/c14/bay)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: