DPRD Minta Cirebon Tiru Eropa

DPRD Minta Cirebon Tiru Eropa

WAKIL Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Andrie Sulistio mengungkapkan bahwa Indonesia bisa mengadaptasi program bersepeda di Eropa yang memang sudah menjadi keseharian dalam melakukan seluruh kegiatan di luar ruangan. \"Seperti di Eropa, bersepeda sudah menjadi keseharian dalam berkegiaran. Orang Eropa pergi bekerja dengan sepeda itu wajar. Apalagi mereka sudah mengenal kebiasaan bike to work,” katanya

Menurut Andrie, dibutuhkan kebijakan dari pemerintah dalam mendukung sepeda untuk menjadi sarana kendaraan sehari-harinya. Terpenting dalam berkegiatan sehari-hari. “Kebijakan dari pemerintah juga berperan penting untuk kelangsungan kebiasaan tersebut,” ujarnya.

Inisiasi dari Dishub, Andrie sangat setuju untuk membuat jalur sepeda di Kota Cirebon. Pasalnya tingkat kerumitan kota masih belum se-kompleks kota-kota besar lainnya. \"Kajiannya juga masih belum sampai tingkat yang rumit,\" ungkapnya.

Namun demikian, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Seperti pembatas keselamatan pesepeda, kenyamanan pesepeda, estetika dan daya tarik rute itu harus sesuai dengan kebutuhannya. \"Jalur sepeda itu juga jangan sampai dijadikan tempat parkir baik motor ataupun mobil. Sosialisasi harus diutamakan, peringatan selama masa sosialisasi harus dimasifkan. Utamanya terkait edukasi jalur sepedanya,\" jelasnya.

Andrie meyakini selepas sosialisasi seluruhnya dengan baik, maka masyarakat akan lebih paham dan tidak akan menjadikan jalur sepeda sebagai tempat parkir kendaraan bermotor. \"Kalau masih bandel baru kita terpaksa berikan sanksi berupa denda saja. Mudah-mudahan kebiasaan bersepeda ini bisa dimaksimalkan untuk kurangi kemacetan dan emisi gas,\" tutupnya. (jrl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: