Workshop MBKM Siapkan Karir Lulusan UGJ

Workshop MBKM Siapkan Karir Lulusan UGJ

CIREBON - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) menggelar workshop MBKM di Hotel Horison ,Tirta Sanita, Kuningan, Sabtu-Minggu (1-2/10). Mengambil tema Aktivitas Mahasiswa Merdeka dan Persiapan Karir Lulusan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UGJ, hadir sebagai pemateri, Prof YL Sukestiyarno PhD dari Unnes, serta dr Ali Mahmudi MSi dari Universitas Negeri Surakarta.

Workshop juga dihadiri secara luring oleh para wakil rektor di lingkungan UGJ, para dosen di lingkungan FKIP UGJ, serta mitra sekolah. Kegiatan workshop dihadiri secara daring oleh pimpinan fakultas dan prodi lima perguruan tinggi mitra di luar Jawa. Serta mitra dunia usaha dan dunia industri, sekaligus para kepala desa.

Ketua Panitia, Dr I Robia Khaerudin MPd menjelaskan, tujuan kegiatan workshop adalah untuk menyusun buku panduan Magang Mahasiswa, Mahasiswa Membangun Desa, Mahasiswa Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa. Khuusnya  dalam mempersiapkan karir lulusan dengan menerima masukan dari para mitra, baik mitra perguruan tinggi di luar pulau JAWA seperti Universitas Madura, Universitas Khaerun Ternate, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Lambung Mangkurat, serta STKIP Bima NTB. Juga masukan dari mitra Sekolah, mitra dunia usaha dunia industri, dan mitra desa.

Rektor UGJ Prof Dr H Mukarto Siswoyo MSi mengatakan, sebagai perguruan tinggi, dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap regulasi dan mengikuti kebijakan dari Kemendikbud Ristek RI. Menurut dia, satu lompatan kebijakan yang sangat mulia, berdasarkan realitas dan fakta, berdasarkan kajian, bahwaa mahasiswa dan dosen perlu diberikan kesempatan untuk memerdekakan dirinya memeroleh pembelajaran bukan hanya di ruang kelas. Tapi mendapatkan pembelajaran di luar kelas, di luar program studinya, dan di luar perguruan tinggi asalnya.

Alhamdulillah pada tahun ini Prodi Pendidikan Matematika FKIP UGJ mendapatkan hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbud Ristek,” tandasnya.

Workshop kali ini, kata Rektor,  dalam rangka penyusunan pedoman pelaksanaan. Selain mendapatkan PKKM, UGJ juga memeroleh hibah dari Kemendikbud Ristek lainnya. Yaitu Pend Jarak Jauh (PJJ), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Inovasi Pembelajaran Digital (IPD), Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM (KSKI), serta Kampus Mengajar-1 (KM-1) dan KM-2.

“Terima kasih atas inisiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Khususnya kepada para pemateri yang share informasi dan pengalaman dalam mempersiapkan lulusan UGJ bersaing pada dunia kerja,” tandasnya. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: