Soal Panglima TNI Baru, Loyalitas Jadi Pertimbangan

Soal Panglima TNI Baru, Loyalitas Jadi Pertimbangan

HINGGA kini Presiden Jokowi belum juga mengajukan nama calon Panglima TNI ke DPR. Padahal, Panglimaa TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diketahui akan pensiun pada 8 November mendatang. Faktor loyalitas menjadi pertimbangan utama Jokowi dalam mengangkat Panglima TNI yang baru.

“Kebutuhan Presiden adalah sosok panglima yang memiliki loyalitas total. Terutama untuk memuluskan agenda-agenda politik kenegaraan dan pemerintahan,\" ujar Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi di Jakarta, Selasa (5/10).

Panglima TNI, lanjutnya, tidak boleh memiliki agenda sendiri di luar agenda politik negara. Terlebih terkait politik kekuasaan. Karena itu, Presiden maupun DPR diharapkan tidak terjebak dalam pembangunan citra dan reputasi di ruang-ruang digital.

Pertimbangan lain, adalah pentingnya menjaga kesetaraan posisi dan kesempatan bagi tiap matra, faktor usia, dan memperhatikan bentuk-bentuk ancaman potensial.

Dikatakan, siapa pun yang menjadi Panglima TNI nanti akan dihadapkan pada sejumlah tantangan besar. Selain konflik Laut China Selatan yang kembali memanas dan rencana pembangunan kapal selam bertenaga nuklir oleh Australia, ada pula tantangan lainnya.

Seperti pengembangan organisasi, moral dan kompetensi prajurit, modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista), kesejahteraan prajurit, dan penjagaan terhadap potensi peran berlebihan dan eksesif TNI yang melampaui batasan tugas pokoknya.

Khairul menyinggung kekhawatiran yang sering muncul terkait kemampuan menyelesaikan masalah sebagai salah satu kriteria ideal Panglima TNI. Ia menilai kekhawatiran tersebut tidak berdasar. “Soal itu nggak usah khawatir. Seorang Panglima TNI tidak bekerja sendiri. Dia didukung dan ditopang oleh para staf dan komandan satuan di jajaran Mabes TNI maupun di tiap tiap matra,\" tukasnya.

Persoalan soliditas TNI juga tidak perlu dikhawatirkan. Dia meyakini tidak akan terjadi resistensi di tubuh TNI. “Organisasi TNI sudah cukup mapan dan mampu secara cepat beradaptasi dengan perubahan kepemimpinan,\" pungkasnya. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: