Mendag: Nilai Ekspor ke Eropa Tengah dan Timur Naik 23,6 Persen

Mendag: Nilai Ekspor ke Eropa Tengah dan Timur Naik 23,6 Persen

MENTERI Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memproyeksikan, potensi perdagangan dengan Eropa Tengah dan Timur terbuka lebar dan berpotensi membuat ekspor Indonesia meroket.

“Negara-negara Eropa Tengah dan Timur adalah beberapa mitra dagang potensial bagi Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya telah tercatat sebagai 30 besar tujuan ekspor utama,” kata Lutfi, dalam Indonesia-Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2021, Sabtu (9/10)

Lutfi menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dan mendorong pelaku bisnis Eropa Tengah dan Eropa Timur untuk menjajaki bisnis di Indonesia.

Sejumlah komoditas dalam negeri telah menjadi produk ekspor utama kesana seperti yaitu karet, baja, kelapa sawit dan turunannya, bijih tembaga, timah, alas kaki, kayu, dan arang.

“Hingga Agustus 2021, nilai ekspor Indonesia ke Eropa Tengah dan Eropa Timur masing-masing telah naik 23,6 persen dan 58,07 persen secara tahunan,” ujarnya.

INACEE Business Forum adalah upaya pemerintah dalam mempromosikan perdagangan, investasi, dan pariwisata dalam negeri. Kegiatan ini serupa dengan Indonesia-Latin America and Caribbean Business Forum (INA- LAC) 2021 dan Trade Expo Indonesia 2021.(fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: