Taliban Klaim Berhasil Kendalikan Ancaman ISIS

Taliban Klaim Berhasil Kendalikan Ancaman ISIS

ANCAMAN militan ISIS yang terus melancarkan sederet serangan di Afghanistan diklaim Taliban telah berhasil dikendalikan. Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi memastikan, Afghanistan tak akan menjadi sarang teroris dalam meluncurkan serangan ke negara-negara lain.

\"Masalah Daesh (ISIS) telah dikendalikan Emirat Islam (Afghanistan) dengan sangat baik sejauh ini. Dunia seharusnya bekerja sama dengan kami, bukannya justru menekan kami,\" kata Muttaqi di Doha, Qatar, dikutip kantor berita Politik RMOLJabar, Senin (11/10).

Selama ini, langkah rezim Taliban guna menjaga stabilitas keamanan di Afghanistan terus dirundung ancaman dari sederet serangan berdarah ISIS-Khorasan (ISIS-K).

Serangan mematikan terbaru terjadi ketika bom bunuh diri menghantam sebuah masjid Syiah di Provinsi Kunduz saat salat Jumat pekan lalu. Insiden tersebut menewaskan sedikitnya 46 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Sementara itu, Agustus lalu, jelang berakhirnya tenggat waktu evakuasi AS dari Afghanistan, bom bunuh diri juga meledak di sekitar bandara Kabul. Imbas insiden tersebut, 100 penduduk lokal dan 13 tentara AS, termasuk perwira meninggal dunia.

Taliban dan ISIS-K sama-sama kelompok yang beraliran Sunni. Namun, sejak berkuasa di Afghanistan, Taliban bersumpah akan memerintah secara inklusif termasuk melindungi kaum minoritas seperti komunitas Syiah.

Sementara itu, ISIS-K menganggap Taliban menyesatkan hukum Islam dan tetap bertekad memberantas kaum \"murtad\" dan \"munafik\" termasuk umat Muslim yang berbeda aliran dengan mereka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: