Menggema, Cirebon Gemerot Ing Budaya

Menggema, Cirebon Gemerot Ing Budaya

CIREBON- Paguyuban Para Pekerja Seni (Papesci) bekerjasama dengan Kemdikbudristek menggelar Cirebon Gemerot Ing Budaya. Kegiatan itu bertempat di Panggung Budaya Taman Wisata Gua Sunyaragi Cirebon, Sabtu malam (16/10).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu titik balik bangkitnya para pekerja seni di Cirebon. Di dalam pelaksanaannya turut serta dimeraihkan oleh pentas dancer kolaborasi, seni topeng, sintren, dan seni tradisional Cirebon lainnya.

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek  Rina Febriyani mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu bentuk fasilitasi atau bantuan dari pemerintah melalui Ditjen Kebudayaan guna mendukung pengembangan kegiatan dan program kebudayaan.

Semua aspek yang mendukung tercapainya visi-misi kemajuan kebudayaan, kata Rina, baik dari Sabang hingga Merauke, pihaknya fasilitasi melalui program tersebut. \"Masyarakat secara luas dapat mengikuti program ini dengan akses laman kemendikbud.go.id dan fbk.go.id,” katanya.

“Program ini tiap tahun dibuka secara gantian dengan harapan agar masyarakat dapat memperoleh bantuan yang diberikan oleh pemerintah terkait pembiayaan kegiatan berkesenian,\" kata Rina.

Dalam kesempatan itu, Paspesci juga memberikan apresiasi berupa Life Achievement kepada Maestro Tarling Klasik, Sudjana Partanain atau yang akrab disapa Mama Jana. Apresiasi juga diberikan kepada para penggiat yang ada di Kota/Kabupaten Cirebon atas dedikasi mereka yang sudah mempertahankan kesenian tradisional.

Ketua Papesci selaku ketua panitia kegiatan Erlita Sari dalam laporannnya mengucapkan terima kasih kepada para pekerja seni yang terus dan selalu menjaga tradisi seni dan budaya yang ada di Cirebon

\"Terima kasih juga kepada Kemendikbud RI dan Pemkot Cirebon serta stakeholder terkait yang sudah memberikan dukungan serta memfasilitasi kegiatan hingga dapat berjalan baik dan lancar. Mudah-mudahan ini bisa menjadi awal yang baik untuk pengembangan kebudayaan yang ada,\" kata Erlita.

Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan Anggota DPR RI Komisi VIII, Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati, Kepala Disbudpar Kota Cirebon, serta stakeholder lainnya. Terlihat ratusan warga Cirebon antusias menghadiri kegiatan itu dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas. (jrl/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: