Ini Daftar Bansos Cair di November 2021

Ini Daftar Bansos Cair di November 2021

MEMASUKI bulan November, masyarakat menanti bantuan sosial (bansos) yang akan cair dari pemerintah. Pasalnya, alokasi bansos memang telah diberikan sejak bulan-bulan sebelumnya, terlebih sejak timbulnya pandemi Covid-19.

Bansos diberikan dalam berbagai kategori, termasuk yang dialokasikan untuk pekerja, pengusaha, pedagang kecil, pelajar/mahasiswa, masyarakat desa, hingga rumah tangga.

Berikut daftar bansos yang cair di November, Senin (1/11/2021):

1. BLT/Bantuan Subsidi Upah

BLT Subsidi Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta untuk pekerja se-Indonesia direncanakan cair pada November 2021. Adapun cakupan penerimanya diperluas lantaran masih ada sisa dan Rp1,7 triliun yang akan menyasar 1,6 pekerja.

Sebab itu, diputuskan bahwa BLT subsidi gaji akan diberikan pada pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. Penerima bisa mengecek statusnya melalui laman https://bsu.kemnaker.go.id/, situs bsu.bpjsketenagakerjaan.go id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, serta melalui layanan WhatsApp di nomor 081380070175 atau call center Layanan Masyarakat 175.

2. BLT UMKM

Saat ini, BLT UMKM atau BPUM pun sedang melalui tahap pencairan dengan anggaran Rp15,24 triliun ke 12,7 juta pelaku usaha mikro. Realisasinya dibagi dua tahap sejak diluncurkan pada 2020. Dalam tahap satu, BLT UMKM sukses diberikan ke seluruh 9,8 juta penerima pada Juli lalu. Untuk tahap dua, BLT yang menyasar 12,7 juta pelaku usaha ini dalam tahap pencairan pada November.

3. BLT Pedagang Kaki Lima (BLT PKL)

Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp1,2 juta kembali disalurkan pada Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik warung. Bantuan ini merupakan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang masuk dalam Klaster Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bantuan ini menyasar satu juta pedagang kaki lima dan pemilik warung dan penerima terverifikasinya akan diundang untuk pengambilan bantuan di Kantor Polres atau Kodim setempat.

4. BLT Kuota Internet

Bantuan yang sebelumnya berakhir pada Mei lalu ini diberikan lagi mulai September hingga November. Bantuan ini akan dialokasikan untuk siswa PAUD sebesar 7GB, SD-SMA mencapai 10GB, pendidik PAUD-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen sebesar 15GB per bulan.

Secara keseluruhan, bantuan kuota internet akan menyasar pada 26,9 juta siswa, mahasiswa, dan guru/dosen dengan total anggaran Rp 2,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: