Begini Ciri-ciri Kulit Sehat yang Tak Memiliki Tanda Penuaan Dini

Begini Ciri-ciri Kulit Sehat yang Tak Memiliki Tanda Penuaan Dini

TANDA-tanda penuaan pada kulit biasanya muncul saat memasuki usia 40-an. Namun, seiring perkembangan zaman, tanda penuaan dini justru muncul lebih awal. Kini, wanita berusia 30-an atau bahkan 20-an sudah menunjukkan ciri-ciri penuaan pada kulitnya. 

Sebenarnya apa sih penyebab dan tanda-tanda dari penuaan dini? 

Melansir dari Loreal Paris, faktor utama yang yang menyebabkan penuaan dini adalah genetik dan gizi. Selain itu, pengaruh gaya hidup seperti pola makan, kebiasaan merokok, rutinitas skincare, dan seberapa sering kamu melakukan pengulangan ekspresi wajah (misalnya cemberut atau menyipitkan mata) juga berpengaruh.

Kulit juga bisa mengalami penuaan dini karena sering terpapar sinar ultraviolet dan polusi udara. Pasalnya, partikel-partikel polusi ukurannya jauh lebih kecil dari pori-pori sehingga dapat masuk lebih dalam dan merusak sel-sel kulit.

Penyebab lainnya adalah pancaran blue light dari layar smartphone, laptop, dan TV. Blue light bisa menembus kulit lebih dalam daripada sinar ultraviolet sehingga bisa merusak kolagen dan elastin serta memperlambat siklus regenerasi sel-sel kulit.

Kenali ciri-cirinya

Faktor penyebab penuaan dini boleh jadi berbeda-beda, tapi efeknya pada kulit akan sama. Misalnya, kulit yang kekurangan kolagen dan elastin akibat blue light akan mengendur dan memunculkan garis-garis halus.

Sedangkan, terlalu sering terpapar radiasi sinar ultraviolet akan membuat warna kulit jadi kusam dan muncul sun spots. Ciri-ciri penuaan dini lainnya adalah kulit lebih tipis, tidak elastis, dan tidak lagi bercahaya.

Nah, berarti ciri-ciri kulit sehat adalah yang terasa kencang, cerah, bersih, tidak ada garis-garis halus serta sun spot. Juga, kulit terasa lebih kenyal, elastis, dan glowing pastinya. (len/net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: