Nakes Singapura Dapat Bonus Rp40 Juta

Nakes Singapura Dapat Bonus Rp40 Juta

SINGAPURA - Sekitar 100 ribu petugas kesehatan atau nakes di Singapura yang terlibat dalam respons pandemi Covid-19 masing-masing akan menerima bonus. Mereka akan diberi penghargaan khusus masing-masing sebesar SGD 4.000 atau setara Rp40 juta.

“Itu jasa untuk keberanian dan pekerjaan mereka yang tak ternilai,” kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung, Jumat (5/11).

Nakes termasuk semua staf lembaga kesehatan publik, seperti rumah sakit akut, rumah sakit komunitas dan poliklinik, serta staf dari organisasi perawatan masyarakat yang memberikan layanan kesehatan garis depan, seperti di panti jompo. Kementerian Kesehatan (MOH) juga akan memberikan hibah sebesar SGD10.000 atau setara Rp100 juta untuk masing-masing Klinik Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat,

 “Saya tahu penghargaan moneter tidak sepenuhnya mencerminkan kontribusi tenaga kesehatan, juga bukan motivator utama seorang petugas kesehatan. Tetapi sudah sepatutnya Kemenkes untuk mengakui kontribusi Anda di tahun yang sangat luar biasa ini,” katanya.

Penghargaan Kesehatan Covid-19 juga akan diberikan kepada Organisasi Peduli Masyarakat (Community Care Organizations/CCO) yang didanai publik yang menyediakan layanan kesehatan. Ini termasuk rumah sakit komunitas yang menerima pasien Covid-19, serta panti jompo dan pusat dialisis yang telah memperluas kapasitas mereka dan bekerja tanpa lelah untuk menjaga lansia rentan yang membutuhkan perawatan di luar rumah sakit.

Penghargaan akan diberikan kepada staf institusi kesehatan publik pada Desember, dan kepada PHPC dan staf CCO yang memenuhi syarat pada kuartal pertama tahun 2022. Ong mengakui sejumlah nakes sudah kelelahan ketika gelombang penularan Covid-19 melonjak parah.

“ICU krisis, perawat dan dokter harus dipindahkan, dan jam kerja menjadi lebih lama, antara lain itu,” sebut Ong. “Anda berdiri di samping pasien sebagai harapan terakhirnya,” pungkas Ong. (jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: