Ingat! Bahaya Makan Permen Asam bagi Kesehatan Mulut

Ingat! Bahaya Makan Permen Asam bagi Kesehatan Mulut

PERMEN asam atau dikenal dengan sour candy merupakan salah satu jenis permen yang menjadi favorit bagi banyak orang. Rasanya yang cenderung asam dapat membuatmu merasa lebih segar setelah mengongsumsinya. Akan tetapi, mengonsumsi permen asam berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan mulut lho!

“Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya,” kata Dr Heather Kunen D. D. S, seorang dokter ortodonti sekaligus founder Beam Street Dentistry. Asam sitrat yang biasanya ditemukan pada buah lemon dan jeruk, merupakan bahan yang umum. Sama seperti dengan seperti asam askorbat, fumarat dan tartarat.

Semua bahan tersebut secara alami terdapat pada buah dan sayur. Permen asam yang tahan lama juga mengandung asam malat, yang ditemukan dalam apel, ceri, dan tomat yang memperpanjang rasa pahit dari permen saat kamu menghisapnya.

Semakin rendah tingkat pH suatu makanan, semakin asam itu, dan tingkat pH permen asam sangat rendah yaitu sekitar 3,0. \"Jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang sangat asam ini, Anda mungkin menemukan bahwa bagian dalam mulut Anda terasa tidak nyaman atau bahkan terbakar,\" ujar Dr Kunen.

“Cara terbaik untuk mengatasi ketidaknyamanan ini adalah dengan minum air putih atau mengonsumsi produk susu,” tambah Dr Kunen. 

Mengonsumsi keju, yogurt, atau susu bisa memiliki dua manfaat. Pertama, mereka membantu menetralkan keseimbangan pH mulut, dan membantu mulut menjadi terasa lebih nyaman. 

\"Sedangkan yang kedua, produk susu juga mengandung protein yang disebut kasein yang membantu melindungi enamel kita,\" tutup Dr Kunen.(len/net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: