Dosen FKIP UGJ Kembangkan Komik Digital Matematika

Dosen FKIP UGJ Kembangkan Komik Digital Matematika

CIREBON – Sejumlah dosen yang tergabung dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Gunung Jati (FKIP UGJ) Cirebon melakukan kegiatan pengembangan bersama guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) SD se-Kecamatan Sumber. Mereka bersama-sama mengembangkan Komik Digital Pembelajaran Matematika.

Terobosan teknologi pembuatan komik pecahan tersebut merupakan rangkaian peningkatan minat baca Matematika bagi siswa-siswi SD. Dimulai dari tahapan sosialisasi hingga implementasi, penerapan komik digital tersebut sebagai bahan pembelajaran di SD, sudah dilakukan. Salah satunya di SDN 3 Sidawangi, Kabupaten Cirebon.

Ketua Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat PKM Tahun Anggaran (TA) 2021, Dina Pratiwi Dwi Santi MPd mengungkapkan, pihaknya dari awal sudah melakukan tahapan. Seperti analisis kebutuhan siswa, pendesainan bersama guru-guru, hingga mengembangkan dan melakukan implementasi bersama para siswa.

“Kami analisis bahan ajar apa yang dibutuhkan. Lalu kami desain bersama, mulai dari membuat alur, menyketsa, dan mendigitalkan komiknya.  Kami mengembangkan hasilnya yang tadi sudah di desain dari pengembangan, menjadi layak digunakan,” jelas Dina, kemarin (18/11).

Dalam implementasi komik yang sudah disusun dalam beberapa bulan tersebut, pihaknya melihat antusiasme dan semangat tinggi dari para peserta didik. “Antusiasme anak-anak karena baru menggunakan komik yang menggunakan digital. Jadi, mereka bersemangat membaca komik di HP yang mereka bawa. Lalu, mereka juga mengikuti dengan baik apa yang guru-guru terangkan,” ungkapnya.

Diharapkan, setelah diterapkan dalam pembelajaran bersama, nantinya siswa-siswi bisa lebih mudah untuk mengerti materi terkait pecahan. Apalagi dalam komik tersebut terdapat gambar yang menarik.  “Ini bisa menarik antusiasme siswa untuk belajar Matematika. Kemudian juga lebih mudah untuk belajar selain di sekolah. Mereka bisa menggunakan komik ini untuk belajar di rumah,” pungkasnya.

Ketua KKG Kecamatan Sumber, Danuji mengungkapkan, pihaknya menyambut baik program yang dilakukan oleh FKIP UGJ Cirebon. Pasalnya, media pembelajaran tersebut dinilai sesuai dengan keadaan saat ini, yakni zaman 4.0. Apalagi, penyampaiannya menggunakan cara literasi dan numerik yang cukup baik. Ada 10 guru yang dilibatkan dalam proses pembuatan ini. Danuji bangga karena guru-gurunya mampu membuat komik elektronik.

Guru SDN 3 Sidawangi, Yadi Suryadi yang menerapkan komik tersebut mengungkapkan, pihaknya merasa terbantu. Apalagi Matematika terkadang dianggap sebagai materi yang rumit dan abstrak. (jrl/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: