PLTN Ditarget Beroperasi 2049

PLTN Ditarget Beroperasi 2049

JAKARTA- Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan peta jalan (roadmap) transisi energi baru terbarukan (EBT) menuju net zero emission pada 2060 mendatang.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengungkapkan, dalam road map tersebut, tengah dicanangkan Pembangkit Listrik tenaga nuklir (PLTN) pertama.

“Rencananya PLTN mulai beroperasi komersial (commercial operation date/COD) pada 2049 mendatang,” kata Rida pada acara Grand Launching Badan Logistik & Rantai Pasok Kadin Indonesia, Kamis (25/11/2021).

Kendati direncanakan mulai beroperasi pada 2049, Rida menyatakan, bahwa realisasi tersebut bisa saja lebih cepat atau lambat bergantung dinamika di lapangan, seperti perkembangan teknologi dan ketersediaan pembiayaan.

“Indonesia sudah punya road map seperti ini, kalau you (internasional) mau bantu silahkan, tapi kalau tidak juga kita nggak minta-minta,” ujarnya.

Rida menyebut, dengan target PLTN 40 GW pada akhir 2060, ada dua kunci dalam merealisasikan target tersebut. Pertama, political will atau kebijakan politik pemerintah. “Kedua, sikap masyarakat dalam menerima transisi,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: