Fahri Hamzah Kesal Kepada Partai Politik yang Bungkam Suara Wakil Rakyat

Fahri Hamzah Kesal Kepada Partai Politik yang Bungkam Suara Wakil Rakyat

CIREBON - Sebagai wakil rakyat, mereka harus benar-benar mewakili rakyat di daerahnya.

Hal tersebut diungkapkan mantan Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah saat ditemui radarcirebon.com di salah satu kafe Jl Tuparev, Kabupaten Cirebon, Senin (29/11/2021).

\"Wakil rakyat itu hanya dicalonkan oleh partai politik. Tapi setelah mereka terpilih, mereka itu ya wakil rakyat,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Fahri, mereka adalah instrumen rakyat untuk mengawasi jalannya negara. Tapi, yang terjadi di Indonesia malah sebaliknya, partai politik itu ngontrol wakil rakyat, sehingga mereka tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat.

https://www.youtube.com/watch?v=t88k1buKUHQ

“Mau mengawasi negara malah ditegur oleh ketua partai dan pejabat partai. Kalau salah diancam akan dipecat oleh partai. Masa depan dari suara yang dipakai oleh rakyat untuk mencoblos mereka kemana,\" jelasnya.

Mantan politisi PKS ini meminta agar para wakil rakyat berani menyuarakan aspirasi masyarakat daerahnya.

\"Yang saya sesalkan sekarang, ketika wakil rakyat sampai di Jakarta malah  dibungkam oleh partainya untuk tidak boleh ngomong,” bebernya.

“Jadi, wakil rakyat itu harus berani dan menyadari bahwa mereka itu adalah pilihan rakyat. Keanggotaan partai boleh dirampas oleh partai politik, tapi wakil rakyat tidak bisa dirampas karena itu hanya boleh dirampas oleh rakyat melalui pemilu,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: