Punya Masalah dengan Pertanahan, Bisa Lapor Kesini…
KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan berbagai platform pengaduan dan layanan pertanahan berbasis online.
Inovasi digital ini diluncurkan sebagai langkah mendorong percepatan pendaftaran dan penyelesaian konflik pertanahan di Indonesia.
Berikut 6 aplikasi digital layanan pertanahan yang telah dikeluarkan Kementerian ATR/BPN:
1. Sentuh Tanahku
Sentuh Tanahku diluncurkan untuk merespon berbagai permasalahan pertanahan. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur, antara lain pencarian berkas, lokasi bidang tanah, plot bidang tanah, info layanan, pengumuman, sertifikat hilang, berkas saya, scan, sertifikat saya, dan profil.
Aplikasi ini juga telah tersedia dan bisa di-download melalui ponsel pintar. Untuk iOS, itu bisa didapatkan melalui apps.apple.com/id/app/sentuh-tanahku/id1287142144.
Sementara melalui Google Playstore, itu bisa diambil pada laman play.google.com/store/apps/details?id=id.go.bpn.sentuh.
2. Gistaru
Sistem Geographical System Tata Ruang (Gistaru) atau Sistem Informasi Geogradi tentang Tata Ruang merupakan portal yang menampilkan peta rencana tata ruang (RTR) yang didesain Kementerian ATR/BPN.
Pelayanannya bisa diakses melalui laman gistaru.atrbpn.go.id.
3. Loketku
Pada Loketku, masyarakat bisa melengkapi berkas pendaftaran tanah dan mengunggahnya. Kemudian berkas yang telah diverifikasi kantor pertanahan dapat secara real time dipantau melalui aplikasi Sentuh Tanahku.
Jika ada pertanyaan, masyarakat dapat langsung melontarkannya via menu tanya berkas. Layanan ini diberikan agar pemohon tidak perlu lagi datang berulang kali ke kantor pertanahan.
Layanan ini bisa diakses melalui laman; loketku.atrbpn.go.id.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: