Jelang UAS Tingkat Stres Anak Meningkat, Begini Solusinya…

Jelang UAS Tingkat Stres Anak Meningkat, Begini Solusinya…

AKHIR tahun 2021 kurang dari 100 hari, artinya anak sekolah pun juga akan melaksanakan ujian akhir semester atau penilaian akhir semester (UAS/PAS). Hal ini juga biasanya meningkatkan jumlah stres pada anak yang berdampak pada kesehatan mental siswa.

Menurut sebuah survei yang dilakukan psikolog Hellen Damayanti, 44 persen remaja merasa stres ketika menghadapi ujian. Hal ini tak bisa dipungkiri, sebab akan menjadi penentu nilai mereka dalam kegiatan pembelajaran selama satu semester.

Berbeda dengan ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah, ujian akhir yang diadakan mandiri oleh masing-masing sekolah umumnya meliputi seluruh materi pelajaran yang diajarkan. Hal ini menyebabkan siswa harus mempelajari banyak materi dalam waktu singkat yang dapat menjadi salah satu faktor penyebab stres.

Untuk itu, siswa tentunya memerlukan cara-cara belajar yang efektif untuk menghadapi UAS atau PAS. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah mengatur waktu dengan baik supaya dapat belajar secara optimal.

Selain itu, metode lain yang bisa dilakukan antara lain membuat ringkasan materi, mengerjakan latihan soal, dan menonton video pembelajaran yang singkat dan jelas. Terkait itu, demi menyiasati kebutuhan belajar dalam waktu singkat, siswa dapat menggunakan platform belajar, salah satunya ruangbelajar.

Adapun, aplika ruangbelajar sendiri mempunyai video belajar Konsep Kilat dengan dilengkapi fitur Adapto yang terdapat In Video Quiz (IVQ). Video Konsep Kilat ini memiliki penjelasan singkat, ringkas dan jelas, tentunya hal tersebut sangat cocok untuk teman-teman yang sedang mempersiapkan ujian.

Fitur Adapto juga membantu pembelajarannya lebih interaktif dan adaptif dengan kemampuan siswa, apabila siswa masih belum paham dengan materinya juga akan disesuaikan. In Video Quiz membantu pembelajaran jauh lebih interaktif dengan memiliki jalur jawaban yang bersifat personal sesuai pilihan jawaban dari user.

Bahkan, user juga dapat mengatur jadwal belajar mereka dan akan mendapatkan notifikasi jika waktu belajar tiba. Jadwal belajar bisa diatur secara ‘Instan’ atau ‘Atur Sendiri’ dan bisa di-reset dari jadwal yang telah diatur sebelumnya. Fitur Jadwal Belajar memberikan hadiah berupa XP dan Gold apabila siswa dapat mengikuti jadwal belajarnya dengan disiplin.(jp)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: