KNPI Harus Menjadi Rumah bagi Pemuda

KNPI Harus Menjadi Rumah bagi Pemuda

CIREBON – KNPI harus bisa menjadi rumah bagi para pemuda di Kota Cirebon. Sehingga, kaderisasi kepemudaan bisa berjalan dengan baik, dan gagasan-gagasan pembangunan bisa muncul. Hal ini dikatakan Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf Achmad saat membuka rakerda DPD KNPI Kota Cirebon di gedung Pemuda KNPI Kota Cirebon, Sabtu (4/12).

Di bawah ketua yang baru, kata Ridwansyah, pihaknya mencoba untuk bangkit dengam berbagai tantangan kepemudaan saat ini. Pasalnya, kata Ridwansyah, dengan hadirnya KNPI, agenda-agenda pembangunan kepemudaan bisa berjalan dengan lebih baik. \"Ini menjadi tantangan, jangan sampai disia-siakan,\" mantan ketua Gamais ITB itu.

Berbicara mengenai kepemudaan, di Jawa Barat masih banyak pemuda yang belum bisa menikmati pendidikan. Sehingga angka Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) masih harus terus didorong naik. \"KNPI harus hadir di situ. Kepentingan masyarakat, khususnya pemuda, harus bisa dijembatani,\" tandasnya.

Tak hanya di sektor pendidikan, KNPI juga harus hadir membantu pemerintah dalam menyelesaikan isu-isu kesehatan, termasuk dalam hal mempersiapkan para pemuda untuk bisa menjadi penerus di semua sektor.

Pihaknya menegaskan, KNPI harus bisa menjadi rumah bagi para pemuda di Kota Cirebon. Sektor kesehatan, pemuda harus bisa mendorong percepatan vaksinasi. KNPI harus bisa menghasilkan SDM-SDM terbaik untuk disalurkan di dunia kerja, latih caleg-caleg yang berkualitas untuk mengisi pos-pos politik di Kota Cirebon, termasuk melahirkan birokrat-birokrat muda.

Ketua DPD KNPI Kota Cirebon, R Jarum menyampaikan bahwa pada rakerda ini, akan dirumuskan program-program yang akan menjadi target DPD KNPI Kota Cirebon. Rakerda ini, kata Jarum,  awal perjalanan organisasi. Rakerda akan melahirkan program-program kerja dalam membangun kepemudaan di Kota Cirebon.

Jarum mengakui, KNPI tidak bisa berjalan sendiri. Ia pun mengajak semua elemen kepemudaan untuk ikut bersama KNPI membantu pemerintah menyukseskan pembangunan daerah. \"Mohon arahan dan bimbingan dari semua pihak. Mari kita sukseskan pembangunan di Kota Cirebon,\" kata Jarum.

Wakil Walikota Cirebon Dra Eti Herawati berharap, rakerda yang dilaksanakan oleh KNPI bisa melahirkan rumusan-rumusan serta program kepemudaan yang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Cirebon.

Terlebih saat ini, kata Eti, target pembangunan di Kota Cirebon terhambat karena pandemi, sehingga di tahun yang tersisa, pemkot termasuk pemuda, harus melakukan percepatan-percepatan pembangunan. \"Saya harap KNPI terus hadir bersama Pemkot Cirebon. Manfaatkan bonus demografi, karena pembangunan kita sudah tertunda dua tahun. Maka dari itu kita harus bangkit. Bangun komunikasi yang baik dengan semua OKP, agar gerakan pemuda bisa lebih masif,\" pungkasnya. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: