Pembinaan Pengawasan Secara Komprehensif

Pembinaan Pengawasan Secara Komprehensif

INSPEKTORAT Daerah Kota Cirebon membina dan mengawasi program kegiatan kinerja yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun rencana kerja Pemerintah Daerah. Karena itu, pembinaan pengawasan harus dilakukan secara komprehensif.

Inspektur Kota Cirebon Drs Asep Gina Muharam mengatakan, pembinaan dan pengawasan untuk memastikan program kegiatan, terlaksana dengan baik. Khususnya yang beresiko tinggi. Tidak hanya itu, Inspektorat dapat melakukan pemeriksaan investigatif dengan tujuan tertentu, atas indikasi penyalahgunaan wewenang dan korupsi, termasuk menghitung kerugian negara.

Inspektorat melakukan reviu sejak perencanaan hingga pelaporan keuangan dan kinerja, sebagai bentuk pengawasan. “Kami mengawasi dan membina dari hulu ke hilir. Untuk memastikan semua berjalan baik,” ucapnya. Sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), SDM Inspektorat dibekali peningkatakan kapabilitas. Diantaranya, menerapkan manajemen risiko, audit kinerja, audit investigasi, pemeriksaan DAK fisik, pendidikan berjenjang jabatan fungsional PPUPD dan auditor, serta pendidikan sertifikasi bidang pengawasan lainnya. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: