Kurikulum Baru untuk SMK Sedang Dipersiapkan

Kurikulum Baru untuk SMK Sedang Dipersiapkan

KEMENTERIAN Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mengembangkan kurikulum baru untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto mengatakan, kurikulum baru untuk jenjang SMK ini merupakan kerja sama dengan ratusan industri. Kurikulum SMK ini kita namakan prototipe.

“Artinya, kurikulum ini memangkas materi yang sifatnya kompetensi teknis tanpa konteks dan diganti dengan pembelajaran berbasis proyek,” kata Wikan, Kamis (9/12).

Wikan menjelaskan, konsep pembelajaran nantinya berbasis proyek.  yang dilakukan pun berbeda, karena dilakukan dengan proyek yang dikerjakan di industri.

“Dengan demikian, siswa terbiasa membuat proyek-proyek riil yang ada di industri,” ujarnya

Wikan memberikan apresiasi atas upaya dari setiap wilayah yang telah berhasil membentuk akselerator daerah yang berbasis kemitraan pentahelix melalui Gebyar Menara Vokasi. Program kemitraan tersebut bertujuan untuk melakukan penguatan ekonomi daerah.

“Vokasi tidak mungkin berjalan sendiri. ‘Link and match’, untuk bisa ‘link’ mungkin tidak sulit, tapi untuk ‘match’ ini masih menjadi tantangan,” tuturnya.

“Kita harus tinggalkan cara tradisional, jangan kita mendidik dengan keyakinan sendiri yang ternyata sudah tidak relevan dengan kebutuhan industri yang kebaruannya begitu cepat,” pungkasnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: