Forum OSIS dan MPK Kota Cirebon, Mewujudkan Terciptanya Persatuan dan Kesatuan Pelajar

Forum OSIS dan MPK Kota Cirebon, Mewujudkan Terciptanya Persatuan dan Kesatuan Pelajar

OSIS merupakan satu-satunya organisasi yang sah dan berada di tingkatan sekolah menengah mulai dari SMP hingga SMA. Keberadaan OSIS di masing-masing sekolah menjadi sangat penting. Sehingga, diharapkan dengan adanya OSIS bisa membuat kegiatan yang menarik baik dengan internal maupun eksternal sekolah.

Tentunya, koordinasi harus dilakukan antar pengurus OSIS di sekolahnya masing-masing. Sehingga, dengan latar belakang itu, terbentuklah Forum OSIS dan MPK Kota Cirebon (FOKC). FOKC sendiri merupakan organisasi pelajar yang menjadi wadah bagi generasi muda untuk mewujudkan terciptanya persatuan dan kesatuan pelajar, dan menggali potensi serta mengembangkan sumber daya manusia pelajar di Kota Cirebon.

Dengan diketuai oleh Nauval Hilmy Rasyad, forum ini dibentuk pada 1 Mei 2016. Dengan beranggotakan yakni 50 orang, sehingga organisasi ini dapat menjalankan agendanya dengan baik. Nauval mengatakan bahwa tujuan utama adanya organisasi ini tentu saja sebagai wadah siswa-siswi SMA se-Kota Cirebon dalam menyampaikan aspirasinya.

Kegiatan yang dijalankan selama ini dalam forum tersebut antara lain mulai dari bakti sosial (baksos), kegiatan keagamaan, diskusi, dan lain semacamnya yang berkaitan erat dengan kegiatan siswa-siswi SMA di Kota Cirebon. Bertempat tak menentu, kegiatan ini pun dapat dijumpai di mana saja, khususnya di Kota Cirebon. Mulai dari perumahan, jalan, tempat ibadah, maupun yang lainnya. Dalam hal yang demikian, sasaran mereka adalah masyarakat umum dalam menargetkan kegiatan yang dijalaninya.

Diakui Nauval, kesulitan dalam berorganisasi, tentu saja tak dapat dipungkiri. \"Untuk kesulitan, gak terlalu banyak sih. Tapi pasti ada aja kesulitannya. Namun, karena kita berkegiatan dalam satu tim maka kita bakal lebih gampang menyelesaikannya,” tuturnya.

Memang benar yang dikatakan Nauval, sama seperti peribahasa ‘berat sama dipikul, ringan sama dijinjing’ yang berarti senang maupun susahnya pekerjaan apabila dilakukan bersama-sama maka akan terasa ringan. Suka duka pun, tentunya dialami Nauval dalam mengurus organisasi. Sampai-sampai, ia tak bisa mengekspresikannya melalui kata-kata.

\"Ini sih gak bisa dijelasin pakai kata-kata. Pokoknya saksi hidup tumbuh kembang pola pikir banget,” ucapnya.

Dalam organisasi yang ia kelola, Nauval berharap untuk Forum OSIS dan MPK Kota Cirebon ke depannya. \"Semoga Forum OSIS dan MPK Kota Cirebon semakin baik setiap tahun nya.\" Tutupnya mengakhiri wawancara. (Anggia/Susan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: