AFF Revisi Klasemen, Ternyata Indonesia Puncaki Grup B

AFF Revisi Klasemen, Ternyata Indonesia Puncaki Grup B

SINGAPURA – Terjadi kesalahan pada daftar klasemen sementara Piala AFF 2020. Yakni pada Grup B, yang dihuni Timnas Indonesia. Namun, AFF telah merevisi klasemen sementara tersebut. Indonesia kini menempati klasemen dengan enam poin, di atas Vietnam dan Malaysia. Awalnya, AFF menempatkan Vietnam sebagai pemuncak klasemen di atas Indonesia dan Malaysia. Vietnam, Indonesia, dan Malaysia, sama-sama sudah meraih enam poin.

Malaysia menempati posisi terbawah di antara tim-tim peraih enam poin, karena sudah bermain tiga kali. Terakhir, Malaysia ditaklukkan Vietnam 0-3, Minggu (12/12). Vietnam sempat ditempatkan di posisi pertama karena alasan head-to-head. Selain itu, AFF juga beralasan Vietnam unggul lewat \"klasemen mini\"  antara tim yang terlibat.

\"Klasemen mini\" itu sendiri mengadu pencapaian di antara Vietnam, Timnas Indonesia, dan Malaysia. Valliditas penghitungan itu jadi pertanyaan karena sejauh ini baru Vietnam dan Malaysia saja yang sudah berhadapan. Sedangkan Indonesia belum bertemu salah satu dari keduanya.

Merujuk ke regulasi Piala AFF 2020, Indonesia memang selayaknya yang menempati posisi pertama. Dalam regulasi yang dibaca, selisih gol adalah head-to-head pertama yang dihitung ketika ada tim yang memiliki poin serupa. Jika selisih gol sama, maka perhitungan selanjutnya adalah produktivitas membobol gawang lawan. Timnas Indonesia jauh lebih produktif dengan torehan 9 gol berbanding 6 gol yang dicatat Vietnam. Indonesia mencetak 9 gol dan kebobolan 3 gol (+6 gol). Sedangkan Vietnam mencetak lima gol tanpa kebobolan (+5 gol). Demikian dikutip dari detikSport.

Karena memenuhi syarat regulasi, Indonesia pun akhirnya ditempatkan di posisi pertama. AFF sudah merevisi klasemen sekaligus mengesahkan Timnas Indonesia di puncak klasemen sementara. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: